Home Ende Tahun 2021, Pelindo III Cabang Ende Tarik Retribusi pada Warga

Tahun 2021, Pelindo III Cabang Ende Tarik Retribusi pada Warga

Penulis: Willy Aran / Editor: Elton Wada

485
0
SHARE
Tahun 2021, Pelindo III Cabang Ende Tarik Retribusi pada Warga

Keterangan Gambar : Manajemen PT Pelindo III cabang Ende saat menggelar pertemuan dengan warga yang bermukim di tanah milik PT Pelindo pada Rabu (15/7/2020) di terminal penumpang Pelabuhan Ende.


Ende, Flores Pos — PT Pelindo III Cabang Ende telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak menarik retribusi pada warga yang membangun rumah di tanah milik Pelindo, dekat pelabuhan Ende. Namun kebijakan ini hanya berlaku pada tahun 2020.

Pada tahun 2021, PT Pelindo akan kembali lagi menarik retribusi sesuai ketetapan Pelindo Pusat. 

Hal itu disampaikan oleh General Manajer (GM) Pelindo III Cabang Ende Hadi Sukamto saat bertemu dengan warga di ruang tunggu Pelabuhan Ende pada Rabu (15/7/2020).

Hadir pula pada kesempatan itu, Camat Ende Selatan Gadir  H.I. Dean dan Lurah Mbongawani Hasan Abdurahman.

Hadi Sukamto menjelaskan bahwa pada tahun ini Pelindo telah mengeluarkan kebijakan pembebasan retribusi.  Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan keringanan kepada warga karena pandemi covid-19 yang dampaknya dirasakan oleh warga.

"Tahun ini kita bebaskan retribusi tetapi pada tahun 2021 nanti, akan ditarik kembali. Informasi yang kita dapatkan dari pusat itu berkisar antara Rp11.000 hingga Rp15.000. Namun tarif ini juga akan kita didiskusikan lagi dengan warga dan akan disampaikan ke pusat," katanya. 

Hadi juga menambahkan bahwa sesuai data, saat ini terdapat 17 rumah warga yang dibangun di atas tanah milik Pelindo di sebelah barat pelabuhan Ende.

Pelindo meminta warga agar tidak memanfatkan kesempatan tersebut untuk kepentingan bisnis seperti menyewakan rumah kepada pihak lain. 

Baca jugaPT. Pelindo Tidak Memungut Retribusi dari Warga di luar Pagar Pelabuhan

"Dari data saat ini terdapat 17 rumah warga dan ada yang sudah disewakan kepada orang lain. Kita akan lakukan penertiban karena aset tanah ini milik PT Pelindo III cabang Ende," kata Hadi.

Lurah Mbongawani, Hasan Abdurahman yang hadir pada saat itu meminta Pelindo III cabang Ende agar tidak memberikan izin lagi kepada warga untuk membangun rumah di tanah milik PT Pelindo.

Hal tersebut dikatakan Hasan karena pihaknya sudah melakukan pendataan bahwa banyak warga yang bermukim di lokasi itu berasal dari luar kelurahan Mbongawani. 

"Pelindo mesti tidak lagi memberikan izin kepada warga. Karena saat ini kawasan itu sudah terkesan kumuh dan banyak warga yang berasal dari luar," kata Hasan menerangkan. 

Sementara itu Camat Ende Selatan, Gadir H.I Dean mengatakan bahwa warga mesti mematuhi keputusan ini. Kebijakan  Pelindo III cabang Ende yang membebaskan retribusi pada tahun ini mesti diapresiasi. Namun tahun depan, warga harus membayar sesuai kesepakatan dan keputusan dari Pelindo.

Ia pun mengatakan bahwa warga yang bermukim di lokasi tersebut mesti juga menjaga kebersihan lingkungan agar kawasan itu tidak terkesan kumuh terutama di kawasan pantai.*