Home Ende Tana Nua Flores Salurkan Bantuan APD dan Pangan Kepada Masyarakat

Tana Nua Flores Salurkan Bantuan APD dan Pangan Kepada Masyarakat

Penulis: Willy Aran / Editor: Anton Harus

822
0
SHARE
Tana Nua Flores Salurkan Bantuan APD dan Pangan Kepada Masyarakat

Keterangan Gambar : Direktur Yayasan Tana Nua Flores, Hironimus Pala ( tengah) saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Ende, Flores Pos — Yayasan Tana Nua Flores mengambil peran dan terus menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat di Kabupaten Ende dalam menghadapi pandemi covid-19. Bekerjasama dengan Misereor Jerman, Tana Nua Flores telah menyalurkan Alat Pelindung Diri ( APD) dan akan menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat ditengah pembatasan sosial serta sebagai langkah antisipasi kepulangan pekerja migran ke kampung halaman masing - masing.

Direktur Yayasan Tana Nua Flores, Hironimus Pala saat konferensi pers di Kantor Yayasan Tanah Nua Flores, Jumat (29/5/2020) pagi mengatakan bahwa dalam menyalurkan bantuan Tana Nua Flores juga berkoordinasi dengan gugus tugas pemerintah dan posko covid-19 KAE. Dikatakanya bahwa koordinasi ini dilakukan agar bantuan itu tidak tumpang tindih dan Tana Nua masih fokus pada masyarakat di desa dampinganya.

" Kita selalu kordinasi dengan posko KAE tanggap covid -19 karena yayasan Tanah Nua Flores merupakan bagian dari posko itu. Selain kita salurkan di desa dampingan juga tidak menutup kemungkinan pada masyarakat di desa lain," katanya.

Direktur Yayasan Tana Nua Flores, Hironimus Pala juga mengatakan bahwa bantuan ini merupakan kerja sama yayasan Tanah Nua Flores dengan Misereor Jerman. Dikatakanya Misereor memberikan dukungan dana dalam aksi kemanusian ini sebesar EUR 55.000 atau senilai Rp 876.318.106 nilai tukar per tanggal 20 Mei 2020.

Dana tersebut diperuntukan kampanye promotif dan preventif tentang covid -19 sebesar Rp 41.750.000, bantuan sarana prasarana kesehatan Rp 719.000.000, bantuan pangan untuk migran perantau Rp 120.000.000 dan kesekretariatan sebesar Rp 12.400.000.

" Untuk distribusi dikoordinasikan dengan posko KAE dan gugus tugas Kabupaten Ende agar tidak terjadi tumpang tindih. Untuk desa dampingan dilakukan sendiri oleh Yayasan Tana Nua Flores. Beberapa waktu lalu telah dilakukan pendistribusian ke wilayah dan desa," katanya.

Panggilan Nurani Organisasi

Direktur Yayasan Tana Nua Flores, Hironimus Pala mengatakan bahwa Yayasan Tana Nua Flores mengambil peran dalam aksi ini karena sejak awal yayasan ini sudah fokus pada manusia dan lingkungan. Pandemi covid-19 adalah bencana kemanusian yang menuntut peran serta dari semua elemen dan Tana Nua mengambil peran misi kemanusian ini. Dikatakanya bahwa urusan kemanusian seperti ini adalah panggilan nurani organisasi.

" Tana Nua sudah bergerak seperti ini sebelum bencana corona ini datang. Urusan kemanusiaan itu adalah panggilan nurani organisasi bukan individu. Bencana covid -19 adalah bencana kemanusiaan yang telah melanda di seluruh dunia maka Tana Nua Flores mengambil peran sesuai dengan kemampuan membantu masyarakat di tengah wabah ini," katanya.

Hiro Pala juga menyampaikan terima kasih kepada Misereor yang telah membantu, mitra Tana Nua Flores yang telah mendukung dan posko KAE tanggap covid-19 yang telah membantu mendistribusikan bantuan ini.

Mewakili Posko KAE tanggap covid-19, Arr Dalo mengatakan bahwa posko ini adalah posko terbesar karena membawai tiga kabupaten yaitu Ende, Ngada dan Nagekeo. Dikatakanya bahwa selain itu dalam posko ini juga bergabung beberapa lembaga seperti Caritas Keuskupan Agung Ende, Perdhaki, Komsos KAE, Tana Nua Flores dan WVI.

Dikatakanya bahwa bergabungnya yayasan Tanah Nua Flores dalam posko ini karena memiliki misi yang sama yaitu peduli kemanusiaan ditengah pandmei covid-19. Posko KAE tanggap covid-19 ini menitikberatkan pada empat hal yaitu edukasi masyarakat, bantu APD, menangani migran perantau dan dan kepedulian sosial kepada masyarakat yaitu memperhatikan dampak ekonomi masyarakat.*