Home Manggarai Tentara Proaktif Menegakkan Disiplin Penggunaan Masker di Manggarai

Tentara Proaktif Menegakkan Disiplin Penggunaan Masker di Manggarai

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Elton Wada

522
0
SHARE
Tentara Proaktif Menegakkan Disiplin Penggunaan Masker di Manggarai

Keterangan Gambar : Juru Bicara Satgas Covid-19 Manggarai Lody Moa


Ruteng, Flores Pos — Penerapan protokol kesehatan masih menjadi problem di Manggarai. Karena itu, pemerintah dan pelbagai unsur terkait, termasuk TNI dari Kodim 1612 Ruteng proaktif turun ke tempat-tempat publik guna mendisiplinkan siapapun agar tetap mengenakan masker, dan selalu hidup bersih selama masa pandemi ini.

Kegiatan lapangan dalam hal penegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan di bawah komando Kodim Manggarai dipantau wartawan mulai pekan lalu. Dalam kegiatan itu, para tentara tidak sendiri. Bersama unsur lain dari Satgas, yakni kepolisian, unsur Pemkab, dan lain-lain, mereka mendatangi area publik seperti kompleks pertokoan, terminal, dan lain-lain. Kegiatan praktis yang dilakukan adalah mempraktikkan bagaimana mengenakan masker yang benar, mencuci tangan yang baik, hingga menggunakan Hand Sanitizer.

Dandim 1612 Manggarai Letkol (Kav) Ivan Alfa melalui Danramil Langke Rembong, Kapten (Inf) Sulaiman Baba mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan upaya bersama dalam mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Secara kelembagaan TNI harus bekerja juga untuk menangani covid-19 sesuai perintah atasan TNI mulai dari Jakarta, Bali, Kupang, hingga di Manggarai ini. Saat ini kegiatan yang dijalankan berupa penegakan disiplin menerapkan protokol kesehatan bagi siapa saja yang berada di daerah ini.

Baca juga: Perkembangan Covid-19 di Manggarai: 3 Positif dan 1 Meninggal

"Kita hidup dalam kenormalan baru, tetapi harus patuhi protokol kesehatan. Ini perintah, maka harus dilaksanakan oleh semua baik masyarakat maupun petugas. Kami hadir di sini untuk kembali ingatkan semua untuk taat dan ikuti protokol kesehatan," katanya.

Baginya, bukan hal baru untuk selalu mengenakan masker saat berada di dalam dan di luar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan banyak orang, dan mencuci tangan menggunakan sabun juga mencuci tangan menggunakan handsanitizer.

Sebelumnya, Jubir Satgas Lody Moa mengatakan, penegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan merupakan keharusan mengingat pandemi covid-19 belum berlalu. Fakta di Manggarai, kasus warga yang terkena pandemi covid-19 masih bahkan sudah ada yang meninggal dunia. Karena itu, semua warga harus menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Pakai masker belum ditaati secara baik. Fakta di lapangan, orang tidak pakai masker, tidak jaga jarak, dan tidak menghindari kerumunan. Karena itu, kegiatan di lapangan untuk mengingatkan perlu terus dilakukan demi mencegah corona itu,"katanya.