Home Manggarai Uskup Baru Diharapkan Solid dengan Semua Pihak

Uskup Baru Diharapkan Solid dengan Semua Pihak

- Harapan Bupati Deno Kamelus

972
0
SHARE
Uskup Baru Diharapkan Solid dengan Semua Pihak

Keterangan Gambar : Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Pr

 

Ruteng, Flores Pos - Membangun kehidupan umat tidak bisa dilakukan seorang diri. Karena itu, besar harapan agar uskup baru Keuskupan Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, solid dengan sesama klerus, pemerintah, dan umat agar sukses menjalankan tugas penggembalaannya.

Hal ini disampaikan Bupati Manggarai, Deno Kamelus, yang dimintai komentarnya pasca pengangkatan Mgr. Siprianus Hormat menjadi Uskup Ruteng dan diumumkan ke publik, baik di Jakarta maupun Ruteng, Rabu (13/11) sore.

Bupati Deno mengatakan, kehadiran seorang gembala mutlak perlu untuk mengurus umat dengan membangun kerja sama yang solid dengan semua pihak, baik sesama anak bangsa dan daerah maupun dengan pemerintah. Dalam  suasana seperti itu, seorang pemimpin akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan bersama yang lain memajukan daerah, bangsa, dan negara.

"Kita telah diberi rahmat karena diberikan seorang uskup. Saya, keluarga, dan Pemkab Manggarai mengucapkan proficiat dan selamat untuk Mgr. Sipri. Penetapan Mgr. Sipri adalah jawaban atas doa dan harapan umat selama ini," katanya.

Dikatakan, dari kaca mata iman, apa yang terjadi adalah rahmat yang diberikan Tuhan untuk Gereja Keuskupan Ruteng yang meliputi wilayah Manggarai, Mabar, dan Matim. Karena rahmat Tuhan, maka apa yang dialami menjadi kabar gembira dan sukacita besar. Dalam rahmat itu juga, diharapkan terbangun kerja sama yang solid, baik di kalangan internal Gereja dan umat Katolik, maupun dengan pemerintah dan elemen-elemen lainnya.

Menurutnya, soliditas itu perlu agar Uskup Sipri bisa menjalankan tugas penggembalaannya dengan baik. Uskup Sipri diharapkan bisa bergandengan tangan dengan pemerintah dan elemen masyarakat lainnya untuk membangun keuskupan, daerah, negara, dan bangsa menjadi lebih baik dan maju dari waktu ke waktu. Harapan itu sangat besar diletakkan pada pundak uskup baru, Mgr. Sipri Hormat.

Sebelumnya, Vikjen Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar Pr, mengatakan, rahmat Tuhan ini perlu disambut dengan sukacita oleh umat Keuskupan Ruteng. Rahmat ini juga perlu diikuti dengan doa-doa dan dukungan kepada Mgr. Sipri agar ia bisa menjalankan tugas penggembalaannya nanti. Dukungan dan doa sangat diperlukan dari sesama klerus, umat, dan semua elemen masyarakat.

"Kita mesti terus berdoa agar Tuhan tetap menuntun kita semua. Doa kita akan sangat mendukung Uskup Sipri dalam menjalankan tugas penggembalaannya," katanya.

Oleh Christo Lawudin
Editor: Amandus Klau