Home Manggarai Uskup Sipri Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Umat Islam di Manggarai Raya

Uskup Sipri Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Umat Islam di Manggarai Raya

Penulis: Christo Lawudin/ Editor: Arsen Jemarut

671
0
SHARE
Uskup Sipri Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Umat Islam di Manggarai Raya

Keterangan Gambar : Uskup Ruteng, Mgr. Sipri Hormat.


Ruteng, Flores Pos — Dalam spirit moto 'Omnia in Caritate', Uskup Ruteng, Mgr. Sipri Hormat secara terbuka menyampaikan ucapan selamat kepada umat Islam di Manggarai raya yang merayakan Idul Fitri 1441 hijriah. Ucapan selamat Uskup Sipri disiarkan Komsos Keuskupan Ruteng dan radio-radio.

Dalam press release yang diterima wartawan, Sabtu (23/5/2020) disebutkan bahwa Uskup Sipri  menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 hijriah bagi umat Muslim di wilayah Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Ucapan itu disebarluaskan  melalui Komisi Komsos Keuskupan Ruteng, Sabtu (23/5/2020) menjelang puncak Lebaran, Minggu (24/5/2020) guna diketahui publik.

Baca jugaKeputusan Dua Pemkab: di Weri Pateng Dibangun Dua Posko Jaga

Uskup Sipri mengatakan, perayaan Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan puncak penyebaran covid-19 ke tengah tanah Congka Sae tercinta. Sebagai satu keluarga yang mendiami tanah Manggarai Raya, realitas ini adalah undangan dan dorongan bagi semua untuk memperkokoh jembatan persaudaraan lintas batas di atas dasar persatuan, solidaritas dan persaudaraan. Persatuan  yang berlandaskan kesadaran bahwa semua adalah satu keluarga yakni keluarga besar umat manusia. 

"Karena itu, kita semakin bersatu dan merasakan bahwa kehidupan kita selalu dalam lingkaran persatuan. Kehidupan di tengah masyarakat kita adalah lingkaran yang saling berkaitan erat dan tak dapat dipisahkan oleh perbedaan apapun. Rasa persatuan kita bukan karena kekuatan ekonomi atau keamanan, tetapi karena kita menemukan diri yang lemah dan rapuh. Karena itu, kita membutuhkan satu sama lain," katanya.

Baca jugaSatgas Covid-19 Manggarai Lacak Sopir Travel yang Angkut Penumpang Positif Corona

Dikatakan, sodaritas adalah tali perekat di antara umat beragama yang dapat memperkokoh persatuan. Dalam realitas pandemi virus corona ini, para pemimpin agama dan semua penganutnya hendaknya bergandengan tangan memperkokoh solidaritas dengan sentuhan rasa kemanusiaan yang mendalam.  

"Saat-saat seperti ini hendaklah semua mengedepankan persamaan bukan perbedaan, bukan individualisme dan pertentangan. Berhadapan dengan penderitaan manusia akibat pandemi virus corona, semua mesti memperkokoh soliditas untuk melaksanakan gerakan solidaritas yang efektif melalui cara-cara yang kreatif. Pandemi virus corona bukan sesuatu yang menakutkan tetapi kesempatan berrahmat untuk melakukan segala sesuatu dengan kasih demi kesejahtreaan hidup bersama," katanya.

Baca juga9 Ibu Rumah Tangga Diketahui Berkontak dengan Warga Positif Corona

Menurutnya, persaudaraan harus dibangun atas kesadaran sebagai satu keluarga umat manusia. Mengakui dan menghargai satu sama lain sebagai saudara dan saudari. Kesadaran ini adalah langkah mendasar untuk meruntuhkan tembok yang dibangun karena ketakutan dan ketidaktahuan semua. Karena itu, pandemi virus corona yang tengah merebak adalah peluang istimewa untuk memperkokoh jembatan persahabatan dan persaudaraan yang merupakan landasan bagi kesejahteraan seluruh umat manusia.  

"Semangat persaudaraan inilah yang akan menopang dan membantu kita untuk menemukan jalan keluar dari situasi sulit yang tengah kita alami," ujar Mgr. Sipri yang ditahbiskan Maret lalu menjadi Uskup Diosis Ruteng itu.

Baca jugaPasien dari Mabar Tidak Dilarang Rujuk ke RSU Dokter Ben Mboi dan RS St. Rafael Cancar

Sebelumnya, seorang tokoh awam Wily Grasias mengatakan, ucapan selamat dari pemimpin tertinggi gereja lokal ini amat menyejukkan dan menguatkan. Menyejukkan dalam situasi pandemi corona yang meresahkan umat manusia dan saling menguatkan satu sama lain. Apa yang dilakukan Uskup perlu diapresiasi dalam membangun kehidupan bersama yang lebih baik dari waktu ke waktu.

"Sebagai sesama warga bumi Nucalale, kita harus saling mendukung dan menguatkan. Ucapan selamat dari Uskup ini nilainya tinggi dalam membangun persaudaraan, kekeluargaan, dan persatuan kesatuan antarsesama warga daerah, bangsa dan negara," katanya.*