Cara Mengirim Folder Lewat Email di Laptop dan HP 2023 Work

Florespos.co.id – Kebutuhan untuk mengirim berbagai macam jenis file saat ini memang menjadi kebutuhan yang tak bisa dihindarkan bagi sebagian besar orang, untungnya saat ini terdapat email atau pesan elektronik yang bisa memudahkan proses mengirim dan menerima file ini. Akan tetapi ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara mengirim folder lewat email, jika kalian merupakan salah satunya, silahkan simak pembahasan kali ini hingga usai.

Dengan bertambah pesatnya teknologi yang berkembang saat ini, kita sebagai manusia lebih dimudahkan untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Baik itu menyangkut pekerjaan, sekolah bahkan kehidupan sehari-hari.

Kini terdapat begitu banyak perangkat gadget yang bisa dengan mudah kita jumpai, dengan banyaknya perangkat gadget inilah yang akhirnya bisa membuat berbagai kegiatan menjadi lebih mudah. Khususnya kegiatan untuk melakukan komunikasi dan mengirimkan hampir semua jenis file yang dikehendaki.

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah merasa puas hanya dengan menggunakan aplikasi chat saja, karena kedua jenis kegiatan ini yakni melakukan komunikasi dan juga mengirimkan file bisa dilakukan. Namun untuk sebagian yang lain, tentunya lebih suka menggunakan email karena dinilai lebih formal dan juga bisa mengirim file dengan ukuran serta jenis yang jauh lebih bervariasi.

Meskipun memang saat ini sudah banyak orang awam khususnya para pengguna perangkat smartphone jarang menggunakan email, akan tetapi nyatanya email masih sangat sering digunakan terutama pada dunia kerja. Dan disisi lain, rupanya masih ada saja orang yang belum mengetahui cara mengirim folder dengan menggunakan email.

Cara Mengirim Folder Lewat Email Terbaru 2023

Cara Mengirim Folder Lewat Email Terbaru 2023

Sebenarnya, email dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan surel yang memiliki kepanjangan dari surat elektronik. Dengan menggunakan email atau surat elektronik ini, kalian bisa melakukan proses kirim-mengirim file non-fisik dengan format dan jenis apapun termasuk juga tentunya file berupa folder.

Baca Juga  Download Picsart Mod Apk Unlocked Premium Terbaru 2023 Gratis

Folder sendiri di dalam bahasa Indonesia resmi disebut dengan direktori, folder atau direktori ini semacam ruang yang mampu menampung beberapa file di dalamnya. Kalian juga bisa membuat sub-folder di dalam folder dan mengulangi langkah tersebut sebanyak yang kalian inginkan.

Masih banyak orang yang rupanya masih meragukan bahwa mereka bisa mengirim folder melalui email. Nah jadi jika kalian juga merupakan golongan orang yang demikian, silahkan simak 2 cara yang bisa digunakan untuk mengirim folder melalui email yang diantaranya adalah:

1. Mengirim Folder Melalui Google Drive

Rasanya saat ini, Gmail atau Google Mail merupakan salah satu layanan surat elektronik (Email) yang paling populer dan sekaligus paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Penggunaannya yang gratis, mudah digunakan serta memiliki berbagai macam opsi dan fitur yang terbilang lengkap merupakan beberapa contoh keunggulan saat kalian menggunakan email yang dibuat oleh pihak Google ini.

Dengan menggunakan Gmail ini, kalian juga bisa mengirim file dengan bentuk folder secara mudah, praktis dan juga cepat. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu jika kalian memiliki aplikasi Gmail pada perangkat yang ingin digunakan atau bisa juga dengan mengunjungi situsnya di https://mail.google.com/ dan mengikuti petunjuk yang disediakan untuk melakukan proses login atau pendaftaran.

Jika kalian sudah mendownload aplikasi Gmail atau mengunjungi situsnya, serta telah melakukan proses registrasi dan berhasil mendapatkan akun. Kemudian, kalian sudah siap mengikuti cara mengirim folder melalui Gmail yang sudah kami susun dibawah ini.

Langkah Mengirim Folder Menggunakan Google Drive

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Gmail atau membuka lewat situs dan membuat akun baru jika memang kalian belum memilikinya.
  2. Jika sudah memiliki akun, silahkan lakukan login pada akun Gmail dan juga pada Google Drive.
  3. Selanjutnya, kalian pilih dan tekan menu Compose, lalu secara otomatis akan menampilkan sejumlah format yang ingin kalian kirimkan.
  4. Kemudian, silahkan kalian klik pada simbol Google Drive atau Insert Files Using Google Drive yang terletak pada bagian bawah layar.
  5. Lalu, selanjutnya semua jenis file termasuk folder yang kalian miliki akan muncul secara otomatis pada akun Google Drive masing-masing.
  6. Sekarang kalian hanya perlu memilih file atau folder mana saja yang ingin kalian kirimkan, setelah selesai memilih selanjutnya kalian klik Insert yang terletak pada bagian kiri bawah.
  7. Setelah selesai, maka file folder pada Google Drive yang sudah kalian pilih tersebut akan masuk ke dalam Gmail secara otomatis.
  8. Langkah terakhir, kalian bisa menyunting isi dari Email tersebut atau bisa langsung mengirimnya pada orang atau pihak yang ingin dituju, lalu kalian hanya perlu menekan opsi Send agar mengirimkan folder tersebut.
Baca Juga  Inshot Pro Mod Apk 2023 Full Efek Tanpa Watermark & Tanpa Iklan

2. Mengirim Folder Menggunakan RAR

Selain menggunakan bantuan dari Google Drive, kalian juga bisa mengirim file berupa folder dengan menggunakan RAR. Dimana kalian terlebih dahulu harus mengubah format folder yang ingin kalian kirimkan menjadi .rar.

Untuk bisa melakukan cara yang satu ini, pastikan juga kalian memiliki aplikasi RAR pada perangkat gadget yang ingin digunakan. Jika sudah, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi dan silahkan pilih dulu folder mana yang ingin kalian kirimkan.
  2. Kemudian, silahkan buka opsi lanjutan dan ubah menjadi format .rar.
  3. Setelah folder burubah menjadi format .rar, kalian bisa mengirimkan file tersebut dengan menggunakan Email.
  4. Lalu, klik Compose dan kemudian klik opsi Attachment Files.
  5. Selanjutnya, pilih folder .rar tadi dan klik Open.
  6. Langkah terakhir, kalian tinggal memasukkan alamat email calon penerima dan klik Send.

Cara Mengirim Folder Berukuran Besar Lewat Gmail

Cara Mengirim Folder Berukuran Besar Lewat Gmail

Selanjutnya kalian bisa menggunakan gmail untuk mengirimkan file berukuran besar dengan mudah. Lewat gmail pengiriman berkas memang menjadi lebih simple sehingga kapan saja di butuhkan kalian bisa menggunakannya. Kita tahu gmail sendiri merupakan salah satu aplikasi milik google yang memang satu naungan dengan google drive, namun dari sisi fungsi memiliki perbedaan.

Gmail sendiri bisa di buat hanya dengan menggunakan nomor hp dengan syarat yang masih aktif agar mudah saat verifikasi. Jika kalian saat ini sudah memiliki akun gamil, maka pengiriman folder akan lebih mudah, jika kalian belum mengetahui caranya, maka kalian bisa mengikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan kalian siapkan file yang akan di kirimnya, pastikan kalian menyimpannya di folder komputer kalian misalnya di folder “D”.
  2. Selanjutnya kalian tinggal membuka email.
  3. Berikutnya klik “Tulis” untuk membuat pesan baru.
  4. Selanjutnya kalian masukan alamat email yang akan di kirimi filenya.
  5. Tulis nama data yang akan di kirim tersebut, misalnya berkas PBN.
  6. Jika sudah klik Kirim / Send.
  7. Maka file akan di kirim secara langsung.
  8. Selesai.
Baca Juga  Kinemaster Diamond Mod Apk 2023 No Watermark Versi Terbaru

Pastikan untuk alamat email yang kalian kirim sesuai dengan dengan alamat email yang di tuju sehingga nantinya kalian bisa mengirimkan filenya dengan benar yah.

Kelebihan Mengirim Folder Lewat Email

Kelebihan Mengirim Folder Lewat Email

 

Adapun untuk kelebihan pada saat kalian mengirimkan file berukuran besar dengan menggunakan email antara lain adalah sebagai berikut ini.

1.Bisa Kirim File Berukuran besar

Lewat email kalian bisa mengirimkan file berukuran besar sekalipun bahkan kalian bisa mengirimkan banyak jenis file seperti PNG, JPG, Word dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan ukurannya juga bisa mencapai ukuran yang sangat besar sekalipun.

2. Mudah Dilakukan

Selain itu pengiriman lewat email juga sangat mudah dilakukan sehingga kalian bisa menggunakannya kapan saja. Bahkan email sendiri bisa di buat hanya dengan menggunakan nomor hp yang akan membuat kalian lebih mudah saat menggunakannya.

Pengiriman filenya sendiri kalian juga bisa mengirim foto, video, berkas perkerjaan dan lain sebagainya sehingga ini bisa meningkatkan aktivitas kalian.

Akhir Kata

Terima kasih untuk kalian yang meluangkan waktu untuk menyimak ulasan kali ini hingga usai, ikuti juga artikel lainnya dari kami dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.