Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Tanpa Aplikasi & Aplikasi

Florespos.co.id – Meskipun tidak terlalu banyak, ternyata masih ada beberapa pengguna laptop dan komputer yang belum bisa melakukan screenshot dengan benar. Jadi untuk itu, simak pembahasan kali ini jika kalian belum mengetahui Cara Screenshot di Laptop dan Komputer. Semakin hari perkembangan teknologi terasa semakin cepat, yang pada akhirnya memaksa kita untuk selalu mengikuti arusnya.

Saat ini, terdapat berbagai macam perangkat gadget yang bisa kita jumpai dengan mudah dalam kehidupan sehari hari. Sebut saja diantaranya adalah smartphone, laptop dan juga perangkat PC atau komputer. Memang tidak perlu dipungkiri, bahwa smartphone atau ponsel pintar merupakan perangkat yang paling umum dijumpai. Bahkan tidak berlebihan jika lebih dari setengah umat manusia kini menggunakan smartphone.

Meskipun demikian, tentunya para pengguna perangkat laptop maupun komputer juga jumlahnya tak main – main. Walau memang banyak juga orang yang belum terbiasa menggunakan perangkat ini. Salah satu kendala yang kerap kali dikeluhkan oleh para pengguna  perangkat laptop maupun komputer, khususnya untuk para pengguna awam.

Kendala yang dimaksud adalah saat pengguna laptop atau komputer ini hendak ingin melakukan screenshot atau tangkapan layar. Karena caranya akan berbeda, dengan melakukan screenshot pada perangkat smartphone.

Mungkin kalian juga masih kebingungan untuk melakukan cara screenshot pada laptop dan komputer ini, maka dari kami akan memberitahu caranya dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Tanpa Aplikasi

Screenshot sendiri merupakan istilah dari bahasa inggris, yang bisa memiliki arti sebagai tangkapan layar berupa gambar, berbeda dengan screenvideo. Ada banyak alasan dari seseorang yang ingin melakukan trik screenshot ini, akan tetapi yang pasti, tujuan utamanya adalah untuk mengabadikan moment dan juga bukti untuk ditunjukkan oleh orang lain.

Sebenarnya, untuk melakukan screenshot pada perangkat laptop maupun komputer pada zaman sekarang terbilang sangatlah mudah dan bisa diraih dengan sangat singkat. Nah, untuk kalian yang menggunakan perangkat laptop dan komputer dan ingin melakukan screenshot, dengan mudah tanpa menggunakan bantuan dari aplikasi lain. Silahkan simak caranya dibawah ini.

Menggunakan Tombol PrtSc

Cara pertama yang bisa kalian coba untuk melakukan screenshot pada perangkat laptop dan juga komputer adalah dengan menggunakan tombol PrtSc. Perlu untuk diketahui, bahwa tombol PrtSc ini memiliki kepanjangan yakni Print Screen. Fungsi utama dari penggunaan tombol yang satu ini adalah untuk melakukan pengambilan gambar pada layar laptop dan juga komputer, biasanya tombol ini ditemukan pada jenis perangkat windows versi lama sampai yang paling baru.

Tombol PrtSc ini sendiri biasanya terletak pada bagian kanan atas keyboard, akan tetapi ternyata tidak semua keyboard pada laptop mempunyai tombol yang satu ini. Penggunaan dari tombol PrtSc ini juga terbilang sangat mudah, yakni kalian hanya perlu menekan tombol ini saja dan secara otomatis layar akan tersimpan pada clipboard masing-masing perangkat.

Setelah hasil tangkapan layar sudah tersimpan pada clipboard, silahkan lakukan trik Copy Paste, yakni dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+C untuk melakukan Copy, serta menekan tombol kombinasi Ctrl+V untuk melakukan paste atau tempel.

Jika kalian mengikuti semua langkah ini dengan benar, maka secara otomatis hasil tangkapan gambar akan muncul pada layar dan tinggal kalian simpan hasil screenshot tersebut dengan menekan ikon Disket pada sisi atas kiri layar.

Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + PrtSc

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot layar pada laptop dan juga komputer adalah dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtSc. Mungkin ada banyak dari kalian yang sudah mengetahui, bahwa yang dimaksud dengan tombol kombinasi berarti harus menekan kedua atau lebih tombol yang dimaksud secara bersamaan.

Kali ini, untuk bisa melakukan screenshot layar, kalian harus menekan tombol Windows dan PrtSC secara bersamaan pada keyboard masing-masing perangkat yang kalian gunakan.

Setelah kalian berhasil melakukan cara ini, secara otomatis hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan pada folder perangkat. Cara ini memang terbilang sangat mudah dari cara sebelumnya, akan tetapi untuk bisa melakukan trik ini, perangkat yang kalian gunakan harus mempunyai versi Windows 10 keatas.

Menggunakan Tombol Kombinasi Alt + PrtSc

Untuk kalian yang mempunyai perangkat laptop maupun komputer dengan versi Windows 10 kebawah, tentunya tak bisa melakukan trik screenshot seperti diatas.

Untuk itu, cara lain untuk melakukan screenshot layar adalah dengan menggunakan tombol kombinasi Alt + PrtSc, serta pada beberapa perangkat tertentu harus dengan menggunakan tombol kombinasi Alt + Fn + PrtSc. Meskipun cara ini sedikit lebih sulit dari cara sebelumnya, namun cara ini terbilang cukup efektif.

Hampir sama dengan cara menekan tombol PrtSc saja, setelah kalian menekan tombol kombinasi ini, maka secara otomatis hasil tangkapan layar akan tersimpan pada Clipboard. Terakhir, kalian tinggal melakukan trik Copy Paste saja.

Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + Shift + S

Cara terakhir yang bisa kalian gunakan untuk bisa melakukan screenshot layar adalah dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + Shift + S. Cara yang satu ini memang terlihat sedikit rumit dari beberapa cara sebelumnya, yakni harus menekan tiga tombol sekaligus pada waktu yang bersamaan.

Akan tetapi ada satu keunggulan yang bisa kalian dapatkan dengan melakukan cara ini, keunggulan yang dimaksud yakni kalian bisa dengan bebas memilih bagian mana pun pada layar sesuai keinginan.

Jadi, saat kalian menekan ketiga tombol ini secara bersamaan, maka secara otomatis layar pada perangkat kalian akan sedikit berubah menjadi cenderung ke warna abu-abu muda. Serta kursor yang kalian gunakan akan berubah menjadi ikon plus atau tambah.

Selanjutnya, kalian klik dan drag ke arah layar area yang kalian inginkan dan setelah kalian memutuskan untuk menentukan pilihan dan menghentikan kursor, maka hasil tangkapan layar tersebut akan tersimpan pada folder yang ingin ditentukan.

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Menggunakan Aplikasi

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Menggunakan Aplikasi

Selain dengan menggunakan beberapa cara diatas yakni menggunakan tombol tunggal maupun tombol kombinasi, masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk bisa melakukan screenshot pada perangkat laptop dan juga komputer.

Cara lain yang dimaksud adalah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi. Jadi dengan memanfaatkan bantuan dari aplikasi ini, kalian tak perlu lagi untuk menekan tombol apapun dan melakukan trik lanjutan yang terkadang membuat bingung beberapa pengguna.

Meskipun dengan menggunakan bantuan dari aplikasi untuk melakukan ini terbilang lebih mudah, akan tetapi kalian diharuskan untuk memiliki penyimpanan yang memadai saat hendak melakukan proses pengunduhan. Nah, maka dari itu, untuk kalian yang tertarik untuk menggunakan aplikasi agar bisa melakukan screenshot pada perangkat laptop maupun komputer. Silahkan simak daftar beserta penjelasannya dibawah ini.

ScreenRec

Cara Screenshot dengan ScreenRec

Rekomendasi pertama untuk aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot pada perangkat laptop atau komputer adalah ScreenRec, dengan menggunakan aplikaisi yang satu ini, kalian akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan screenshot pada layar laptop yang ingin kalian tentukan. Caranya cukup buka aplikasi ScreenRec ini dan pilih area yang ingin disimpan gambarnya.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi lain, yakni selain bisa digunakan untuk melakukan screenshot. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan perekaman pada layar, atau biasa juga disebut dengan Screen Record.

Untuk kalian yang ingin mendownload dan menggunakan aplikasi yang satu ini, silahkan kalian kunjungi situs resminya. Tak perlu khawatir akan biaya saat menggunakan aplikasi ScreenRec ini, karena seperti yang diketahui bahwa untuk download dan menggunakan aplikasi yang satu ini gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Sebelum kalian dapat mendownload dan menggunakan aplikasi ScreenRec ini, kalian diharuskan untuk membuat akun dan mendaftar terlebih dahulu dan satu lagi jika perangkat laptop yang kalian gunakan memiliki penyimpanan yang terbatas dan tak bisa mendownload aplikasi ScreenRec ini, dengan menggunakan situs resminya kalian juga bisa melakukan screenshot secara langsung.

Apabila kalian tertarik dengan aplikasi ini dan hendak mendownloadnya, silahkan kunjungi situs resmi dari ScreenRec disini https://screenrec.com/

GreenShot

Cara Screenshot di GreenShot

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk melakukan screenshot pada perangkat laptop dengan mudah adalah GreenShot.

GreenShot sendiri sebenarnya merupakan sebuah program untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar, berbasis Open-Source untuk beberapa jenis laptop, seperti misalnya macOS dan juga tentunya Windows. Namun sebenarnya, GreenShot ini merupakan software atau perangkat lunak milik Apple.

GreenShot ini merupakan salah satu aplikasi sekaligus software yang paling terkenal untuk melakukan screenshot. Selain itu, diketahui bahwa GreenShot ini termasuk kedalam jenis aplikasi yang super ringan, ukuran aplikasinya saja berkisar antara 1,7 MB.

Diketahui juga, bahwa saat ini aplikasi GreenShot telah didownload lebih dari 10 juta kali. Hal ini dikarenakan selain bisa melakukan screenshot, dengan menggunakan aplikasi ini juga kalian bisa melakukan beberapa hal lain.

Ditambah didalam aplikasi GreenShot ini, terdapat setidaknya 30 bahasa dunia yang sangat membantu semua orang yang kesulitan, termasuk juga tersedia dalam bahasa Indonesia, dengan mengetahui beberapa keunggulan dari aplikasi yang satu ini, tentu banyak diantara kalian yang merasa tertarik. Untuk itu jika kalian ingin mengunduh aplikasi GreenShot ini silahkan akses situs ini https://getgreenshot.org/downloads/

LightShot

Cara Screenshot dengan LightShot

Kita akhirnya mencapai rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot pada perangkap laptop secara cepat, aplikasi yang dimaksud tak lain dan tak bukan adalah LightShot. Mungkin diantara beberapa aplikasi screenshot yang tersedia saat ini untuk perangkat laptop maupun komputer, bisa dibilang bahwa aplikasi LighShot ini merupakan yang paling mumpuni.

Hal ini cukup beralasan, karena tak seperti kebanyakan aplikasi lain yang menawarkan jasa screenshot dan hal lainnya. Aplikasi LightShot ini justru hanya berfokus pada hasil gambar screenshot yang maksimal.

Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, kalian cukup buka aplikasinya dan memilih area yang diinginkan. Setelah gambar dari hasil screenshot muncul, maka kalian bisa langsung menyimpannya atau mengeditnya terlebih dahulu.

Jika kalian membutuhkan aplikasi untuk screenshot pada perangkat laptop dan komputer, kalian bisa langsung mendownload aplikasi LightShot pada link berikut https://app.prntscr.com/en/download.html

Akhir Kata

Itulah dia beberapa cara yang umum digunakan untuk melakukan Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Tanpa Aplikasi & Aplikasi , kalian bisa dengan bebas memilih menggunakan cara menekan tombol tunggal dan tombol kombinasi, maupun melakukan screenshot menggunakan aplikasi tambahan.

Mungkin hanya sekian saja pembahasan kita kali ini, ikuti juga artikel selanjutnya dari kami. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan sampai jumpa pada kesempatan mendatang.