Home Ngada Pilkada Ngada: Pasukan Berkuda Mengiringi Pendaftaran Paket Firman

Pilkada Ngada: Pasukan Berkuda Mengiringi Pendaftaran Paket Firman

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Elton Wada

466
0
SHARE
Pilkada Ngada: Pasukan Berkuda Mengiringi Pendaftaran Paket Firman

Keterangan Gambar : Pasukan berkuda saat mengiringi pendaftaran Paket Firman di KPU Kabupaten Ngada, Jumat (4/9/2020)


Bajawa, Flores Pos — Paket Firman, Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada, Wilfridus Muga dan Herman Say merupakan paket pertama yang mendaftar di KPU Kabupaten Ngada pada hari pertama pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada, Jumat (4/9/2020) menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Ngada 9 Desember 2020.

Mengiringi acara pendaftaran itu, rombongan Paket Firman diantar oleh iring-iringan puluhan pasukan berkuda di bagian depan dan juga diikuti ratusan kendaraan bermotor.

Tiba di KPU Kabupaten Ngada tepat pukul 9.55, diawali dengan penyampaian niat kedatangan oleh perwakilan Paket Firman, Nikolaus Gae, Paket Firman selanjutnya diterima oleh Ketua KPU Kabupaten Ngada Stanislaus Neke dan segenap anggota KPU Ngada. Dalam acara pendaftaran itu, Wilfridus Muga juga Herman Say masing-masing didampingi istri.

Ketika memasuki halaman KPU Kabupaten Ngada, mereka melewati sejumlah tahapan pemeriksaan oleh aparat Kepolisian Resort Ngada. Pemeriksaan itu antara lain pengukuran suhu tubuh menggunakan Thermogun dan mencuci tangan. Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, acara selanjutnya adalah mengisi daftar hadir.

Meskipun Paket Firman terlambat tiba di KPU dari waktu yang disepakati dengan KPU Kabupaten Ngada yakni pukul 09.00, kegiatan tersebut tetap berjalan lancar.

Baca juga: Dalam Rangka Pilkada Ngada: KPU Membuat Simulasi Pendaftaran Calon

Penyerahan Dokumen Pencalonan yang diikuti dengan Verifikasi berkas diawali dengan penyerahan Dokumen Pencalonan oleh Paket Firman kepada Ketua KPU Kabupaten Ngada Stanislaus Neke selanjutnya dari Ketua KPU Kabupaten Ngada kepada Anggota KPU yang membidangi Divisi Teknis Aloysius Raubata.

Ketua KPU Kabupaten Ngada Stanislaus Neke dalam sapaan pembukaannya mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Paket Firman yang melakukan kegiatan pendaftaran. KPU pun berharap agar kerjasama yang baik dalam semua proses tersebut dapat menyukseskan Pilkada Kabupaten Ngada.

Calon Bupati Ngada Paket Firman Wilfridus Muga pada kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya maju sebagai Calon Perseorangan dalam Pilkada Ngada 2020 dan siap melakukan setiap tahapan yang disyaratkan KPU. Fridus juga menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu juga semua pihak yang turut memperlancar proses pendaftaran tersebut.

Sesuai pantauan Flores Pos pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada dijaga ketat aparat Kepolisian Resort Ngada dan TNI dari Kodim 1625 Ngada. Kabag Ops Polres Ngada AKP Evodius Nuka kepada Flores Pos menjelaskan bahwa Polres Ngada menugaskan 125 personil untuk menjaga kelangsungan kegiatan pendaftaran tersebut.

Pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap setiap orang yang masuk dalam kompleks Kantor KPU termasuk menjaga agar orang tidak membawa barang berbahaya, wajib menggunakan masker dan menjaga ketertiban.

Sesuai persyaratan, rombongan Paket Firman pada saat penyerahan Dokumen di Lantai 2 Kantor KPU, hanya didampingi 15 orang termasuk pasangan calon dan istri, tim penghubung serta tim Kampanye. Sedangkan di kompleks KPU terdapat 100 orang. Pendukung lainnya berada di luar kompleks KPU.