Cara Serlok WA Yang Benar, Real-Time, Lewat Google Maps DLL

Florespos.co.id – Tak bisa dipungkiri, bahwa penggunaan perangkat smartphone memang bisa membantu kehidupan kita sehari-hari pada berbagai macam bidang. Apalagi kini telah tersedia aplikasi WhatsApp yang sangat populer beberapa tahun terakhir, karena menyediakan banyak sekali fitur unggulan. Seperti yang sudah diketahui, bahwa WhatsApp atau WA merupakan sebuah aplikasi chat yang sangat populer, serta digunakan oleh hampir semua orang yang memiliki smartphone, dengan menggunakan aplikasi WA ini, kalian bisa terhubung dan juga melakukan komunikasi jarak jauh secara lebih mudah. Pada aplikasi WA sendiri terdapat beberapa macam fitur yang bisa kalian gunakan secara gratis, diantaranya yaitu chatting, Voice Call, Video Call, Story WA, Cara Serlok WA dan lain sebagainya. Tak heran rasanya, jika aplikasi WA ini mampu meraih dan juga bertahan menjadi aplikasi chat yang paling banyak digunakan di dunia.

Diketahui juga aplikasi WA ini sudah mendapatkan lebih dari 5 miliar kali jumlah unduhan, serta memiliki pengguna aktif lebih dari 2 miliar pengguna. Angka yang demikian ini tentunya sangat amat fantastis, mengingat belum pernah ada aplikasi chat sebelumnya yang setidaknya bisa mendekati data ini.

Selain semua fakta diatas, ternyata ada satu lagi fitur yakni serlok WA. Fitur ini ternyata sangat amat membantu pengguna, terlebih untuk para pencari nafkah via daring seperti halnya ojek online dan juga kurir paket.

Namun ternyata, masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui cara untuk melakukan serlok pada aplikasi WA. Nah pada ulasan kali ini, kami akan membahas tentang cara melakukan serlok pada aplikasi WA atau WhatsApp. Akan tetapi, sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang ara melakukan serlok pada aplikasi WA. Ada baiknya kita menyimak terlebih dahulu asal-usul dan sejarah aplikasi WA ini.

Sejarah Terbentuknya WhatsApp Apk

Sejarah Terbentuknya WhatsApp

Mungkin, hampir semua orang diseluruh dunia yang tahu tentang teknologi pasti mengenal aplikasi chat yang satu ini. Yah, benar sekali, aplikasi WhatsApp atau WA ini merupakan aplikasi chat yang paling banyak digunakan orang diseluruh dunia, setidaknya hingga hari ini.

Namun apakah kalian pernah berpikir tentang bagaimana awalnya aplikasi ini bisa terbentuk? dan bahkan menjadi aplikasi chat yang paling populer?. Silahkan kalian simak sedikit sejarahnya dari awal mula terbentuk hingga bisa menjadi salah satu aplikasi yang sangat membantu banyak orang.

Baca Juga  Whatsapp Clone Terbaik 2022 Apk Buat 2 Akun Whatsapp Gratis

Pada awalnya, WhatsApp merupakan gagasan dari dua orang asal Amerika Serikat, yakni Jan Koum dan juga Brian Acton. Diketahui juga, bahwa pemberian nama dari aplikasi WhatsApp ini merupakan pelesetan dari kata What’s Up dalam bahasa Inggris, yang memiliki pengucapan yang serupa. Jan Koum dan juga Brian Acton sendiri sebenarnya mantan pekerja dari perusahaan besar Yahoo!, yang melihat peluang saat membeli sebuah perangkat iPhone.

Saat itu, iPhone sendiri baru dirilis beberapa bulan, dan pada layanan App Store. Belum ada aplikasi mengirim pesan yang begitu menarik. Singkat cerita, mereka berdua akhirnya melewati begitu banyak kendala dan juga tantangan, termasuk juga bertemu dengan 2 orang yang bisa membantu mereka agar bisa mewujudkan cikal-bakal aplikasi WA ini.

Akhirnya, WhatsApp sendiri resmi diluncurkan pada bulan Januari tahun 2009. Dan 5 tahun kemudian, atau pada tahun 2014, perusahaan meta yang saat itu masih menggunakan nama Facebook Inc berhasil membeli sekaligus mengakuisisi WhtasApp.

Dibawah kendali Mark Zuckerberg inilah aplikasi WA berhasil menembus pasar dunia dan pada tahun 2016, WA berhasil menjadi aplikasi chat dan antar-pesan yang paling populer hingga saat ini.

Apa Itu Serlok WA?

Apa Itu Serlok WA

Sebelum kalian mengetahui cara melakukan serlok di aplikasi WA, ada baiknya kalian sedikit mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan serlok WA ini. Sebenarnya kata serlok WA ini merupakan kata resapan yang umum digunakan pada masyarakat Indonesia saja.

Kata serlok sendiri sebenarnya resapan dari kata dalam bahasa Inggris, yakni Share Location atau bisa juga diartikan sebagai membagikan lokasi. Ada juga pendapat yang mengatakan, bahwa kata serlok ini didapatkan dari singkatan kata Share Location yang diubah menjadi satu kata. Yakni Share-loc yang memiliki pengucapan yang serupa dengan kata serlok.

Tujuan utama dari penggunaan serlok pada aplikasi WA adalah, untuk membagikan lokasi terkini secara real-time. Atau bisa juga mengirimkan lokasi lain untuk tujuan memberi tahu pengguna lain, ke tempat-tempat yang ingin mereka tuju.

Cara Melakukan Serlok Di Aplikasi WA

Cara Melakukan Serlok Di Aplikasi WA

Ada banyak sekali keuntungan saat menggunakan serlok pada aplikasi WhatsApp atau WA ini. Beberapa diantaranya mungkin sudah kalian ketahui. Namun seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa ternyata masih ada saja beberapa orang pengguna aplikasi WA ini yang belum mengetahui cara melakukan serlok.

Tentu saja ketidaktahuan ini bisa didasari oleh beberapa hal, namun umumnya mereka tidak tahu karena sangat jarang menggunakan aplikasi WA untuk mengirim lokasi terkini. Untuk itu, bagi kalian yang belum mengetahui cara melakukan serlok pada aplikasi WA ini. Silahkan kalian simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Serlok Di Aplikasi WA Secara Real-Time atau Langsung

Cara Serlok Di Aplikasi WA Secara Real-Time atau Langsung

Pertama, salah satu cara serlok yang sangat sering digunakan saat menggunakan aplikasi WA adalah cara serlok secara real-time. Cara serlok secara real-time sendiri memiliki arti membagikan lokasi terkini secara langsung dan kemungkinan untuk meleset dari lokasi tujuan sangat tipis, dengan cara ini juga, biasanya para pengguna sering menggunakannya untuk kebutuhan seputar pengiriman paketyang diantar oleh kurir, menentukan posisi untuk ojek online, memberitahu lokasi terkini kepada teman dan keluarga dan untuk tujuan lainnya.

Baca Juga  Fouad Whatsapp Apk Versi Terbaru 2022 Anti Banned & Full Fitur

Jadi jika kalian ingin mengetahui cara serlok di aplikasi WA secara real-time, silahkan simak panduannya dibawah ini.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WA pada smartphone yang ingin digunakan.
  • Lalu, aktifkan juga GPS serta kuota data/Wifi agar terhubung ke internet.
  • Pilih kontak atau grup WA yang ingin kalian tuju.
  • Pada halaman awal chat, terdapat menu lampiran atau Attachment yang berada di sebelah kanan kolom ketik pesan.
  • Menu Attachment atau lampiran ini memiliki ikon menyerupai penjepit kertas atau Papper Clip.
  • Didalam menu Attachment atau lampiran ini, terdapat beberapa opsi, salah satunya adalah opsi Lokasi, silahkan klik opsi Lokasi ini.
  • Setelah itu, secara otomatis layar kalian akan memunculkan Peta, peta ini menunjukkan posisi kalian saat ini.
  • Kemudian, Silahkan pilih opsi Berbagi Lokasi Terkini.
  • Kalian bisa dengan bebas mengirim dan berbagi lokasi terkini dengan pilihan, 15 Menit, 1 Jam hingga 8 Jam lamanya.
  • Setelah memutuskan dam memilih durasi lamanya berbagai lokasi secara langsung, maka kalian bisa langsung mengirimnya.
  • Kalian juga bisa memberikan keterangan tambahan pada kolom ketik pesan sebelum memutuskan untuk mengirimkannya.

Setelah kalian mengikuti cara diatas tersebut tanpa melewatkan urutannya, maka kalian sudah berhasil melakukan serlok pada aplikasi wa secara real-time.

Cara Serlok Di Aplikasi WA Dengan Tujuan Lokasi Lain

Cara Serlok Di Aplikasi WA Dengan Tujuan Lokasi Lain

Selain bisa melakukan serlok secara real-time dengan posisi kalian berada saat ini, ternyata kalian juga bisa memberikan serlok ke lokasi lainnya. Sebenarnya, caranya hampir sama dengan serlok secara real-time, hanya saja ada sedikit tambahan untuk melaksanakannya.

Nah untuk itu, jika kalian penasaran dan ingin mengetahui cara serlok di aplikasi WA dengan tujuan lokasi lain, silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

  • Seperti biasa, buka terlebih dahulu aplikasi WA yang berada pada smartphone yang kalian miliki.
  • Aktifkan juga GPS atau Global Positioning System, serta jangan lupa untuk hubungkan smartphone pada jaringan yang tersedia.
  • Lanjut dengan memilih kontak atau Grup WA yang ingin dituju.
  • Saat berada pada halaman awal chat, silahkan pilih menu Attachment yang berada pada samping kiri ikon kamera pada kolom Ketik Pesan.
  • Menu Attachment sendiri memiliki ikon Papper Clip atau menyerupai gambar penjepit kertas.
  • Di dalam menu Attachment terdapat berbagai macam opsi atau pilihan, dan kalian selanjutnya harus memilih opsi Lokasi.
  • Setelah itu kalian akan beralih ke menu peta, pada menu ini silahkan klik pencarian yang berada pada bagian atas.
  • Selanjutnya, silahkan isi tempat atau lokasi yang ingin dituju.
  • Jika sudah selesai memutuskan lokasi yang ingin dituju, kalian bisa langsung kirim atau menambahkan keterangan lain pada kolom Ketik Pesan.
Baca Juga  GB Whatsapp Apk Yang Aman dan Asli Terbaru 2022 Anti Banned

Pastikan juga, kalian telah mengirim lokasi yang tepat dan akurat, karena jika tidak maka kemungkinan bisa terjadi kesalahan lokasi tujuan.

Cara Serlok Di Aplikasi WA Menggunakan Google Maps

Cara Serlok Di Aplikasi WA Menggunakan Google Maps

Selain bisa melakukan serlok secara langsung dengan menggunakan aplikasi WA, ternyata kalian juga bisa melakukan serlok WA dengan menggunakan bantuan ari Google Maps. Meskipun hanya terdapat sedikit pengguna saja yang memanfaatkan fitur yang satu ini, namun ternyata cara yang satu ini cukup membantu.

Tentunya dengan menggunakan cara yang satu ini, kalian diharuskan untuk melakukan cara yang sedikit berbeda dari beberapa cara sebelumnya. Namun kalian tak perlu merasa khawatir, karena serlok WA dengan menggunakan bantuan Google Maps ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan dan jika kalian belum mengetahui caranya, silahkan kalian simak penjelasannya dibawah ini.

  • Pertama, pastikan kalian sudah memiliki aplikasi Google Maps. Jika belum, silahkan download secara gratis pada layanan Play Store.
  • Silahkan buka aplikasi tersebut.
  • Lalu, pilih lokasi di dalam peta yang ingin kalian tuju.
  • Caranya, kalian tekan menu pencarian yang berada pada bagian atas, lalu ketik lokasi tujuan.
  • Setelah sudah menemukan lokasi yang ingin dituju, lalu tahan lokasi tersebut hingga pin berwarna merah berhasil muncul.
  • Selanjutnya, silahkan kalian perhatikan opsi yang muncul pada bagian bawah layar dan pilih opsi bagikan.
  • Silahkan pilih opsi untuk bagikan ke WhatsApp.
  • Kemudian, kalian pilih kontak atau Grup WA yang ingin dituju dan klik tautan ke Google Maps pada kotak pesan.
  • Langkah yang terakhir, silahkan kalian klik opsi Kirimkan.

Akhir Kata

Kita memang tak bisa terlepas dari kegiatan bermain ponsel, terutama banyak juga diantara pengguna ponsel ini menggunakan aplikasi WA, dengan menggunakan WA, kalian bisa melakukan berbagai macam hal yang menyangkut komunikasi jarak jauh. Seperti mengirim pesan, mengirim file, melakukan Video Call dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang menarik dari WA adalah serlok atau Share Location, yang memungkinkan pengguna dapat mengirimkan lokasi terkini. Terimakasih telah menyimak pembahasan kali ini mengenai cara serlok WA, ikuti juga artikel lain dari kami dan sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya.