Cara Mengecilkan Ukuran PDF 2022 Secara Online Tanpa Aplikasi

Florespos.co.id – Sekarang ini, kita dapat dengan mudah mengakses internet untuk kebutuhan berbagai macam hal dan juga kegiatan. Banyak orang yang memanfaatkan kemudahan ini untuk bisa berkomunikasi secara jarak jauh, melakukan kegiatan untuk mengisi waktu luang, serta tak sedikit pula yang menggunakan internet untuk mendukung kegiatan dalam bekerja. Selain memanfaatkan penggunaan internet, umumnya pekerja kantoran juga tak bisa lepas dari kirim-mengirim berkas menggunakan dokumen. Baik itu menggunakan dokumen yang berbentuk fisik, maupun file dokumen yang mempunyai bentuk virtual yang tersimpan pada perangkat komputer maupun smartphone. Dan salah satu format dokumen jenis virtual yang sering digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia adalah, dokumen yang memiliki format PDF dan kali ini kami akan membahas tentang Cara Mengecilkan Ukuran PDF.

Sebenarnya file PDF ini sangat umum dijumpai, bukan dikenal hanya pada kalangan pekerja kantoran saja. Nyatanya, file PDF ini juga kerap dijumpai di lingkungan sekolah untuk berbagai macam keperluan. Meskipun dokumen virtual yang memiliki format PDF ini sangat populer dan cukup dikenal, akan tetapi, ternyata terdapat beberapa kendala yang sering dikeluhkan oleh penggunanya. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna file PDF adalah, file jenis ini memiliki ukuran yang cenderung sangat besar.

Walaupun file PDF ini biasanya hanya berisi tulisan dan beberapa gambar saja, file jenis ini akan mempunyai ukuran ratusan MB (Megabyte) bahkan ada pula yang mencapai ukuran GB (Gigabyte).

Tentu dengan adanya fakta ini, akhirnya tak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk menyimpan banyak file PDF karena penyimpanan yang kurang memadai dan tidak heran, jika pada akhirnya beberapa dari mereka memutuskan untuk mencoba memperkecil ukuran PDF dengan menggunakan aplikasi dan juga situs tertentu. Nah jika saat ini kalian sedang kebingungan karena mencari aplikasi maupun situs yang bisa memperkecil ukuran PDF. Kalian bisa menyimak artikel kali ini hingga usai, karena kami telah menyiapkan rekomendasi terbaik.

Akan tetapi, sebelum kita bersama-sama menyimak daftar aplikasi serta situs yang bisa memperkecil ukuran PDF. Alangkah baiknya, kita simak terlebih dahulu mengenai pengertian dari file PDF ini.

Sekilas Mengenai File PDF

Sekilas Mengenai File PDF

Dokumen virtual atau dokumen digital yang memiliki format file PDF, tentunya sangat umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam lingkungan perkantoran maupun di sekolah. Dilansir dari berbagai sumber, PDF sendiri merupakan singkatan dari Portable Documen Format.

PDF merupakan sebuah sebuah berkas yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, file PDF ini sendiri diketahui dibuat pada tahun 1993 untuk keperluan kebutuhan pertukaran dokumen digital. Dalam format file PDF ini, seringkali digunakan untuk kebutuhan presentasi dokumen dua dimensi yang meliputi teks/tulisan, huruf, grafik dan juga gambar.

Jenis file dengan format PDF ini juga sudah mengantongi izin  resmi di Indonesia dan menjadi standar ISO (International Organization for Standardization) pada tanggal 1 juli 2008 dan memiliki kode ISO 32000-1:2008. Dengan menggunakan file yang memiliki , kalian bisa menyimpan berbagai macam jenis dokumen secara lebih ringkas dan mudah pula diakses.

Kalian bisa membuka dan membaca dokumen dari file format PDF ini dengan menggunakan berbagai jenis perangkat, yakni contohnya perangkat komputer dan smartphone.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Merusak File

Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Merusak File

Dibalik keunggulan yang ditawarkan oleh file dengan format PDF ini, nyatanya masih ada saja kekurangan dari file jenis ini. Ada satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna file PDF, yakni mengenai ukuran file yang dirasa terlalu besar.

Mungkin, bagi sebagian orang yang bekerja kantoran dan menggunakan komputer dengan penyimpanan yang besar, masalah ukuran file PDF ini tak terlalu dipikirkan. Akan tetapi bagi pengguna yang lainnya, pasti akan memiliki kendala pada ruang penyimpanan yang kurang memadai. Apalagi bagi pelajar, yang memang umumnya memiliki smartphone dengan ROM spesifikasi yang terbilang rendah.

Hal ini tentunya akan menghambat berbagai macam aktivitas yang mengharuskan menggunakan file dokumen jenis ini, karena tak tersedia ruang lagi untuk bisa menyimpan dan membaca file dokumen didalamnya. Untuk itu, pada akhirnya tak sedikit pengguna yang memutuskan untuk mencoba memperkecil ukuran file PDF.

Namun, ternyata ada lagi masalah atau keraguan yang muncul. Para pengguna file PDF yang mencoba mengecilkan ukuran file, merasa takut akan terjadinya kerusakan file dokumen karena proses ini dan kalian tak perlu khawatir, karena jika kalian menggunakan aplikasi atau pun situs terpercaya. File PDF yang di-kompres atau diperkecil ini tak akan mengalami kerusakan.

Jika kalian sedang mencari aplikasi dan juga situs yang bisa untuk Cara Mengecilkan Ukuran PDF tanpa merusak file. Kami telah menyiapkan daftarnya dibawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Aplikasi

Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Aplikasi

Pertama, kalian bisa memanfaatkan beberapa macam aplikasi untuk bisa memperkecil ukuran PDF tanpa merusak file yang terdapat di dalamnya. Semua aplikasi yang akan kami rekomendasikan dibawah ini bisa kalian akses dan juga download secara mudah dan legal.

Yakni kalian bisa mendapatkannya melalui Google Play Store untuk pengguna smartphone Android, dan juga pada App Store untuk pengguna smartphone iOS. Langsung saja, berikut ini merupakan 4 aplikasi yang bisa digunakan untuk Cara Mengecilkan Ukuran PDF secara mudah.

1. PDF Compressor

Compress PDF

Di urutan pertama dalam daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file PDF adalah aplikasi PDF Compressor. Jadi dengan menggunakan aplikasi PDF Compressor ini, kalian bisa dengan mudah memperkecil atau mengkompres ukuran File PDF.

Ditambah lagi, dengan menggunakan aplikasi kompres yang satu ini. Kalian sebagai pengguna bisa memilih ukuran yang diinginkan, jadi kalian bisa dengan bebas mengatur ukuran file-nya sesuai kebutuhan. Jika awalnya dalam file dokumen PDF yang kalian miliki terdapat gambar yang memiliki warna, maka selanjutnya gambar tersebut tak akan lagi berwarna.

Hal ini bertujuan agar file PDF tersebut dapat memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dari ukuran normalnya.

2. iLovePDF

iLovePDF

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan aplikasi iLovePDF untuk bisa memperkecil ukuran File PDF secara mudah tanpa merusak file asli, dengan menggunakan aplikasi iLovePDF ini juga, kalian bisa mengedit isi dari file dokumen PDF tersebut. Selain tentunya memperkecil ukuran file PDF tersebut.

Opsi edit dari aplikasi iLovePDF ini meliputi memisahkan file PDF, menggabungkan File PDF, mengurutkan atau memberi nomor pada tiap-tiap halaman, memutar file PDF, memberikan watermark atau tanda air, sampai bisa mengubah file PDF menjadi format lain, dengan adanya opsi edit yang tertanam pada aplikasi iLovePDF ini, kalian tentunya tak perlu lagi mendownload aplikasi edit tambahan.

3. PDF Small

PDF Small

Di nomor 3 pada daftar rekomendasi aplikasi untuk memperkecil ukuran PDF tanpa merusak file ditempati oleh aplikasi PDF Small. Aplikasi PDF Small sendiri sebenarnya memang sudah cukup populer sebagai aplikasi yang bisa meng-kompres file berbagai macam format, terutama tentunya file dengan format PDF dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa memperkecil ukuran PDF lebih mudah karena hanya membutuhkan waktu yang singkat saja, dalam penggunaan prosesnya.

4. Compress PDF

Compress PDF Mudah

Rekomendasi aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk memperkecil atau mengkompres ukuran file PDF adalah aplikasi Compress PDF. Diketahui juga, bahwa aplikasi Compress PDF ini menjadi salah satu aplikasi yang paling populer yang digunakan untuk memperkecil ukuran PDF, di kalangan pengguna smartphone jenis android. Di dalam aplikasi Compress PDF ini, sebenarnya terdapat 2 versi secara umum. yakni versi gratis dan juga versi berbayar.

Kalian masih bisa menggunakan aplikasi Compress PDF secara gratis dengan fitur dan keunggulan yang mirip dengan versi berbayar. Hanya saja kecepatan proses kompres versi gratis tentunya lebih lamban, jika dibandingkan dengan versi berbayar.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Lewat Situs

Selain memperkecil ukuran PDF lewat aplikasi yang bisa digunakan secara gratis untuk para pengguna smartphone jenis android dan juga iOS. Terdapat pula, situs untuk memperkecil ukuran lewat situs. Jadi kalian yang menggunakan perangkat komputer tak kebingungan lagi nantinya. Nah langsung saja, silahkan simak 4 situs yang sangat populer dan terpercaya untuk Cara Mengecilkan Ukuran PDF.

1. PDF Compressor

Di urutan pertama, untuk situs yang bisa memperkecil atau mengkompres ukuran file yang memiliki format PDF adalah situs PDF Compressor. Selain tersedia dalam versi aplikasi, PDF Compressor juga ternyata tersedia dalam versi website dan memiliki fitur yang sama dengan versi aplikasinya. Diketahui juga bahwa pihak dari situs PDF Compressor ini, mengklaim jika kualitas kompres yang mereka sediakan tidak akan mempengaruhi isi dari file Dokumen PDF, apalagi merusaknya.

Jadi meskipun secara ukuran, bisa dibilang telah mengalami penurunan. Namun, isi file dari dokumen PDF yang sudah di-kompres akan bersifat sama tanpa mengalami perubahan sama sekali. Nah jika kalian berminat untuk menggunakan situs ini agar bisa mengkompres ukuran file PDF. Silahkan kalian akses situsnya di sini https://pdfcompressor.com/id/

2. Small PDF

Di urutan kedua pada daftar kali ini, mengenai situs yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file PDF ditempati oleh Small PDF. Sama seperti sebelumnya, meskipun sudah terdapat versi aplikasinya. Ternyata ada pula Small PDF versi website.

Versi situs dari Small PDF ini mempunyai fasilitas yang tak kalah canggih dari versi aplikasinya, dimana kalian bisa dengan bebas memperkecil ukuran PDF dan format file lain tanpa adanya batasan. Langsung aja, jika kalian tertarik untuk menggunakan website ini agar bisa mengkompres file PDF dan format lain, silahkan kalian akses alamat ini https://smallpdf.com/id

3. iLovePDF

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan situs iLovePDF untuk bisa memperkecil ukuran file dengan format PDF dengan mudah. Selain menggunakan aplikasi iLovePDF, versi situs dari iLovePDF ini juga tak kalah canggih dari situs kompres lainnya.

Jika kalian tertarik menggunakan situs yang satu ini untuk mengecilkan ukuran file PDF yang kalian miliki, silahkan akses situsnya melalui alamat ini https://www.ilovepdf.com/

4. PDF2Go

Terakhir, kalian bisa menggunakan situs PDF2Go untuk bisa meperkecil ukuran PDF secara lebih mudah. Meskipun situs ini terbilang cukup baru, namun nyatanya. Dalam situs yang satu ini terdapat tool dan menu yang lengkap untuk membantu kalian mengkompres ikuran PDF. Dan apabila kalian memiliki niat untuk mencoba menggunakan situs kompres file PDF yang satu ini, kalian bisa mengakses alamatnya disini https://www.pdf2go.com/id

Akhir Kata

Terimakasih karena telah sudi menyimak pembahasan kami kali ini mengenai cara memperkecil ukuran PDF, ikuti juga artikel lain dari kami yang sayang untuk dilewatkan. Sekian saja, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya.