Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan 2023 ? Ini Solusinya

Florespos.co.id – Sosial media Instagram menjadi salah satu sosial media yang sangat banyak digunakan, bahkan aplikasi satu ini dimiliki oleh hampir semua pengguna ponsel yang ada di dunia. Hal tersebut karena di dalamnya terdapat banyak sekali fungsi yang bisa dinikmati. Di kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan kalian tentang Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan.

Jika kita perhatikan maka banyak sekali pengguna dari aplikasi satu ini mulai dari orang biasa bahkan hingga orang terkenal juga memiliki akun Instagram. Selain berfungsi sebagai sosial media, aplikasi satu ini bisa digunakan untuk mendapatkan banyak informasi mengenai berbagai hal.

Fitur yang sangat populer dari aplikasi satu ini adalah tersedianya banyak filter atau efek yang bisa digunakan secara gratis supaya ketika melakukan foto akan jauh lebih bagus. Di dalam Instagram sendiri tersedia banyak sekali filter atau efek yang bisa digunakan oleh penggunanya ketika membuka fitur foto atau kamera.

Bagi para pengguna aplikasi Instagram sendiri pastinya sudah mengetahui bahwa di dalam aplikasi satu ini tersedia banyak filter yang bisa digunakan. Menariknya lagi foto yang dihasilkan dari aplikasi ini ketika menggunakan filter bisa disimpan ke dalam ponsel dan bisa diunggah ke sosial media lainnya.

Akan tetapi seringkali filter yang ingin digunakan tersebut di berfungsi dan gagal untuk digunakan, hal tersebut terkadang membuat sebagian pengguna bingung karena tidak tahu cara mengatasinya. Oleh karena itu pada ulasan lali ini kami akan membagikan cara menangani masalah tersebut.

Apa Itu Filter Instagram Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Filter Instagram Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Akan tetapi sebelum kita membahas cara untuk mengatasi filter instagram yang tidak bisa digunakan, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu filter IG dan juga bagaimana cara kerja dari filter tersebut yang akan kami bahas di bawah ini.

Filter atau efek sendiri merupakan sebuah komponen yang dikembangkan dengan tujuan membuat foto yang dihasilkan lebih bagus dan lebih jernih jika dibandingkan tidak menggunakan efek atau filter. Biasanya filter tersebut terdapat di beberapa aplikasi sosial media seperti Instagram contohnya.

Terdapat beberapa faktor yang membuat filter atau efek instagram tidak bisa digunakan, berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang membuat hal tersebut bisa terjadi, silahkan kalian simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini :

  • Koneksi internet tidak stabil
  • Kecepatan internet sangat lambat
  • Perangkat tidak mendukung
  • Para pembuat efek tidak memberikan akses ke beberapa negara
  • Server instagram memang sedang error
  • Adanya update aplikasi instagram oleh pihak pengembangnya
  • Dan lain sebagainya.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Efek Atau Filter Tidak Bisa Digunakan?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Efek Atau Filter Tidak Bisa Digunakan

Lalu apa yang harus dilakukan ketika efek atau filter pada Instagram tidak bisa digunakan? Mengenai hal tersebut di bawah ini kami sudah menyediakan ulasan yang akan membantu kalian semua. Silahkan kalian simak dan lakukan hal-hal dibawah ini supaya bisa kembali menggunakan filter pada aplikasi IG.

1. Perbaiki koneksi internet

Seperti yang sudah kalian ketahui bersama bahwa aplikasi Instagram merupakan aplikasi yang hanya bisa digunakan ketika ponsel sudah tersambung dengan internet. Oleh karena itu ketika kalian menggunakan filter Ig maka kalian harus memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan sudah lancar. Kami sarankan untuk menggunakan koneksi internet dengan kecepatan yang lancar dan tentunya stabil supaya bisa menggunakan filter yang ingin kalian gunakan ketika kalian berfoto.

Koneksi internet yang kurang lancar tentu saja tidak akan membuat kalian lancar saat melakukan penggunaan aplikasi instagram. Untuk masalah seperti ini, sebaiknya kalian cek terlebih dahulu jaringan dari provider apa yang sangat bagus di lokasi kalian, nantinya setelah mengetahuinya maka kalian bisa langsung membeli kartunya dan menggunakannya.

Seperti halnya di lokasi kami saat ini, untuk jaringan provider yang bagus adalah jaringan Telkomsel, jadi kalian bisa menggunakan kartu Telkomsel untuk menggunakan aplikasi instagram. Saat koneksi lancar dan stabil, maka kami yakin, kalian bisa menggunakan aplikasi instagram dan bisa menggunakan filternya. Namun kalian juga bisa menggunakan jaringan wifi yang ada di lokasi kalian misalnya menggunakan jaringan wifi Indihome, wifi door to door atau menggunakan wifi hotspot dari smartphone teman kalian.

2. Login ulang

Berikutnya kalian bisa melakukan login ulang ke dalam akun yang kalian miliki, cara satu ini merupakan salah satu cara yang paling efektif ketika filter atau efek Instagram tidak bisa digunakan. Untuk melakukan hal ini, kalian harus log out terlebih dahulu sehingga nantinya kalian bisa melakukan login pada akun kalian. Semoga saja dengan cara login ulang, kalian bisa kembali melakukan aplikasi instagram yang selama ini kalian belum bisa menggunakannya.

Baca Juga  Cara Upload Foto Instagram di PC Tanpa Aplikasi 100% Work

Metode ini sangat efektif saat digunakan, namun kami sarankan kalian juga perlu menggunakan koneksi internet yang stabil agar benar – benar berhasil saat menggunakan aplikasi instagramnya dan menggunakan filternya.

3. Restart HP

Apabila masih belum berhasil, silahkan kalian mulai ulang ponsel yang kalian gunakan, supaya cara ini bisa lebih efektif kami sarankan kalian harus mengeluarkan akun Instagram yang kalian gunakan pada ponsel tersebut. Setelah sudah berhasil keluar maka kalian bisa memulai ulang ponsel yang kalian gunakan tersebut dan masuk kembali ke dalam instagram dengan akun yang kalian miliki.

Biasanya untuk cara ini sangat work digunakan, bahkan tidak hanya untuk aplikasi instagram saja, melainkan kalian bisa menggunakannya untuk banyak aplikasi. Jadi cara ini bisa kalian gunakan untuk banyak keperluan di saat kalian memang mengalami banyak aplikasi yang tidak bisa di gunakan.

Menurut kami cara restart sendiri sangat mudah dilakukan, hal ini akan membuat kalian bisa melakukan banyak hal yang juga bisa di lakukan untuk banyak aplikasi saat tidak bisa digunakan. Yuk coba saja lakukan restart jika memang aplikasi instagram kalian tidak bisa di gunakan.

4. Update Instagram

Jika filter atau efek pada akun instagram yang kalian miliki tidak berfungsi ketika digunakan maka sebaiknya kalian lihat terlebih dahulu apakah Intagram yang kalian gunakan merupakan versi terbaru. Apabila aplikasi yang kalian gunakan merupakan versi lama, maka kalian harus melakukan update pada versi aplikasi terbaru agar filter atau efek di dalamnya kalian gunakan seperti sebelumnya.

Perlu kalian ketahui, aplikasi instagram sendiri yang versi terbarunya bisa kalian download pada play store bagi kalian yang menggunakan smartphone android, sedangkan bagi kalian yang menggunakan iPhone, maka kalian bisa mendownload apknya pada apps store. Semua aplikasi terbaru yang kalian download, nantinya akan di lengkapi dengan fitur terbaru sehingga kalian bisa memaksimalkan penggunaan aplikasinya.

Nah, nanti filter yang tadinya tidak bisa kalian gunakan, kini kalian bisa menggunakannya seperti biasanya. Hal ini tentu saja sangat mengasikan bagi kalian yang suka dengan aplikasi instagram saat ini. Apalagi pihak instagram terus mengembangkan aplikasinya dan kami yakin kalian bakal bisa menggunakan apknya dengan sangat maksimal karena kalian bisa mendapatkan banyak filter yang memang bisa di gunakan.

Baca Juga  DownloadGram Download Video Instagram, IGTV, Story IG 2022

Salah satu filter yang bisa kalian gunakan adalah filter botak, filter jerawat, filter wajah serta masih banyak lagi, di jamin dengan banyaknya filter yang nantinya bisa kalian gunakan, akan membuat kalian bisa memakai apk instagram dengan sangat seru terutama saat berbagi story pada akun kalian.

5. Bersihkan cache

Setelah kalian melakukan semua cara diatas namun masih saja tidak berhasil, maka kami sarankan kalian untuk membersihkan cache pada aplikasi Instagram. Cache atau sampah yang digunakan pada akun instagram setiap harinya akan langsung bertambah sehingga semakin sering aplikasi instagram digunakan, maka akan semakin sering pula sampah yang tersimpan.

Ternyata banyaknya sampah yang ada di dalam instagram ini akan membuat cara kerjanya tersendat dan kalian harus segera menghapus sampahnya. Jika kalian belum mengetahui caranya, maka kalian bisa mengikuti langkah – langkahnya yang sudah kami siapkan.

Cara untuk melakukan hal tersebut adalah kalian harus masuk ke dalam Settings > App Manager > Instagram > Clear Cache. Setelah itu silahkan kalian masuk kembali ke dalam Ig dan coba apakah filter atau efek yang tersedia sudah bisa digunakan atau belum.

Silahkan kalian lakukan beberapa tips yang sudah kami tuliskan diatas apabila filter atau efek pada aplikasi IG kalian tidak bisa digunakan. Kemungkinan besar ketika kalian sudah mengikuti semua tips diatas maka masalah seputar filter Instagram dapat diatasi.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan dan Bagaimana Cara Mengatasinya, dengan membaca ulasan kali ini dapat kami pastikan bahwa kalian sudah bisa mengatasi masalah ketika filter atau efek Ig pada ponsel kalian tidak bisa digunakan.

Di dalam halaman kami ini terdapat banyak sekali informasi berguna lainnya yang akan membantu kalian semua dalam berbagai hal seputar ponsel dan juga internet, oleh karena itu kalian harus mengikuti terus halaman kami setiap harinya seperti halnya pembahasan Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan ini. Terima kasih dan selamat mencoba!