7 Penyebab WhatsApp Error atau Down dan Cara Mengatasinya

Florespos.co.id – Aplikasi WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh para pengguna ponsel karena di dalamnya terdapat banyak sekali fitur yang bisa dinikmati mulai dari mengirim pesan ke sesama pengguna hingga melakukan panggilan video. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan kalian mengenai cara mengatasi whatsapp error atau down.

Selain itu banyak sekali fitur lainnya yang bisa dinikmati oleh para penggunanya, oleh karena itu tidak heran jika aplikasi tersebut sudah di download sampai lebih dari 5 juta. Menariknya lagi para pengguna bisa menikmati semua fitur yang di sediakan secara gratis.

Namun sayangnya akhir-akhir ini aplikasi WhatsApp tersebut sedang error sehingga banyak para pengguna yang terkena dampak dari hal tersebut. Oleh karena itu di dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab aplikasi WhatsApp error.

Selain membahas mengenai penyebab WA error, pada ulasan kali ini kami juga akan memberikan kalian cara mengatasinya. Jadi silahkan kalian simak hingga selesai karena ulasan ini akan sangat berguna bagi kalian semua.

Penyebab Aplikasi WhatsApp Error atau Down

Penyebab Aplikasi WhatsApp Error

Pertama-tama kami akan membahas mengenai penyebab WA yang kalian gunakan di dalam ponsel error, silahkan kalian simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

1. Server WhatsApp Down

Kemungkinan pertama mengapa WhatsApp error adalah karena server sedang down sehingga pihak WA melakukan perbaikan, hal tersebut tentunya akan berpengaruh kepada para pengguna dan akan membuat aplikasi tersebut tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Lamanya server down ini belum bisa di pastikan kapan akan selesai sehingga kami rasa sulit untuk menyelesaikannya.

Saat memang server mengalami download, maka tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggunya hingga selesai, jadi tetap bersabar untuk terus menggunakan layanan dari whatsapp yah. Namun biasanya untuk hal semacam ini tidak akan berlangsung lama, pasalnya pihak whatsapp sendiri juga akan terus memperbaikinya dalam waktu yang singkat.

Pasalnya saat aplikasi whatsapp down, maka banyak pengguna yang merasa di rugikan, bahkan pihak whatsappnya pun bisa saja mengalami kerugian yang sangat besar. Maka dari itu saat server download sebaiknya kalian tetap bertahan dan jangan melakukan uninstall pada apknya.

Baca Juga  Fouad Whatsapp Apk Versi Terbaru 2023 Anti Banned & Full Fitur

2. Memori Tidak Cukup

Penyebab berikutnya adalah memori ponsel yang kalian gunakan tidak cukup untuk menampung data dari aplikasi satu ini, silahkan kalian pastikan apakan ruang penyimpanan pada ponsel kalian masih cukup atau tidak untuk menampung data dari aplikasi satu ini. Yah, saat memori pada smartphone yang kalian gunakan sudah penuh, maka aplikasi yang berjalan di dalamnya akan berhenti bekerja, hal ini juga termasuk pada aplikasi whatsapp.

Jika memori pada akun whatsapp kalian terlalu banyak menampung pesan yang masuk baik itu pesan gambar, teks ataupun video, maka sebaiknya kalian harus cepat – cepat menghapusnya karena dalam jangka yang sangat lama, aplikasi whatsapp kalian akan penuh dengan pesan dan kami rasa ini akan menjadi sampah yang akan membuat lemot smartphone yang kalian gunakan.

3. Cache Whatsapp Menumpuk

Pada saat cache sebuah apliaksi menumpuk dan tidak dibersihkan maka akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi tersebut, oleh karena itu kalian harus rutin membersihkan cache dari aplikasi WhatsApp agar aplikasi tersebut tetap bisa kalian gunakan. Seperti yang di sebutkan di poin 2 bahwa cache ini adalah sampah yang mana saat kalian terus menampungnya pada smartphone yang kalian miliki, maka lama – lama aplikasi kalian akan menjadi penuh.

Untuk mengatasi hal ini maka kalian harus menghapusnya sesegera mungkin guna menghindari penumpukan sampah pada akun whatsapp kalian yah.

4. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet memang diperlukan ketika membuka aplikasi WhatsApp, apabila koneksi internet yang kalian gunakan tidak stabil maka hal tersebut akan membuat aplikasi tersebut error dan tidak bisa digunakan seperti biasanya. Yah, koneksi internet juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan penggunaan whatsapp yang kalian miliki, pasalnya saat koneksinya tersendat maka aplikasinyapun tidak bisa di gunakan dengan lancar.

Sebaiknya kalian cek secara langsung jaringan apa yang sangat kuat di lokasi kalian tinggal, hal ini bisa kalian lakukan dengan mengumpulkan teman – teman kalian yang berbeda kartu misalnya Telkomsel, XL, Tri 3, Indosat dan yang lainnya selanjutnya lihat kekuatan sinyalnya.

Disana kalian pasti menemukan provider yang paling menonjol untuk kekuatan sinyalnya sehingga kalian bisa menggunakan provider tersebut.

5. Aplikasi WhatsApp Sudah Kadaluarsa

Perlu kalian ketahui bahwa aplikasi WhatsApp harus diperbarui secara berkala melalui Play Store atau App Store, apabila kalian menggunakan aplikasi tersebut dengan versi yang kadaluarsa maka kalian tidak bisa menggunakan aplikasinya. Perlu kalian ketahui nih, whatsapp sendiri terus di perbaharui sehingga saat ini, hal ini memungkinkan pengguna harus mengikuti perkembangannya.

Jika aplikasi whatsapp yang kalian gunakan telah error dalam jangka waktu yang lama, maka di pastikan untuk aplikasi whatsapp tersebut telah mengalami kadaluarsa sehingga kalian perlu mengupdate aplikasinya ke versi terbarunya saat ini. Jika kalian menggunakan aplikasi whatsapp resmi, maka kalian harus mendownloadnya lewat play store.

Baca Juga  Coocoo WhatsApp Apk Download Terbaru 2023 Anti Banned Gratis

Namun jika kalian menggunakan whatsapp modifikasi, maka kalian harus mengunjungi situs penyedia whatsapp modnya dan mendownload versi terbarunya lalu melakukan install dengan cara manual yang mengaktifkan settingan dari sumber yang tidak dikenal yah.

6. Smartphone Sudah Tidak Support

Selanjutnya ponsel yang kalian gunakan sudah tidak support untuk menggunakan aplikasi WhatsApp, pada setiap aplikasi sendiri pasti memiliki spesifikasi khusus untuk ponsel yang bisa menggunakan aplikasi tersebut. OS Android yang rendah tentu saja sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan penggunaan aplikasinya, maka dari itu bisa saja smartphone yang kalian gunakan kurang support.

Saat ini sudah banyak smartphone yang di luncurkan dengan spesifikasi yang sangat tangguh sehingga kami rasa kalian bisa menggunakannya untuk menggunakan aplikasi whatsapp yang kalian inginkan termasuk apk whatsapp paling baru sekalipun.

Itulah beberapa penyebab yang membuat aplikasi WhatsApp pada ponsel yang kalian gunakan error atau tidak bisa digunakan, silahkan kalian pastikan apakah kalian mengalami hal tersebut atau tidak. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? Silahkan kalian simak ulasan di bawah berikut ini.

Cara Mengatasi Whatsapp Yang Error atau Down

Cara Mengatasi WA Tidak Error atau Down

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa pada ulasan ini kami akan membahas mengenai mengapa aplikasi WA error serta cara mengatasinya, untuk cara mengatasi WhatsApp error sendiri kalian bisa simak ulasannya di bawah ini.

1. Install Ulang Aplikasi WA

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah menginstall kembali aplikasi WhatsApp ke dalam ponsel agar aplikasi tersebut tidak error lagi dan bisa digunakan seperti biasanya di dalam ponsel yang kalian gunakan masing-masing. Menginstall ulang aplikasi whatsapp memang salah satu cara yang paling efektif dimana kalian bisa mendapatkan aplikasi versi terbaru yang sangat keren.

Menginstall ulang aplikasi whatsapp resmi memang sangat mudah karena setelah selesai mendownload kalian bisa langsung menginstallnya, namun untuk menginstall apk wa mod maka kalian perlu mengaktifkan settingan dari sumber yang tidak dikenal terlebih dahulu.

2. Restart Smartphone

Berikutnya kalian juga bisa melakukan restart ponsel kalian atau memulai ulang ponsel, biasanya dengan melakukan cara ini maka aplikasi WA akan bisa digunakan seperti sedia kala. Cara restart bisa juga kalian coba, hal ini untuk membuktikan kalau smartphone yang kalian miliki tidak mengalami kendala.

Jika setelah melakukan restart namun aplikasi whatsapp tidak kunjung berhasil digunakan, maka kalian bisa menggunakan cara yang lain.

3. Update OS dan Aplikasi WhatsApp

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan update OS serta update aplikasi WhatsApp pada Play Store atau App Store, ketika aplikasi WA tersedia dalam versi terbaru maka versi lama tidak bisa lagi digunakan atau error sehingga kalian harus selalu update aplikasi tersebut.

Baca Juga  Nada Dering WA iPhone, Keren, Lucu, Suara Google DLL 2022

Jika kalian malah untuk melakukan update OS, maka cara yang paling mudah adalah membeli smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari hp kalian sebelumnya. Namun jika kalian tidak memiliki banyak uang untuk membeli smartphone baru, maka dengan upgrade OS baru adalah cara yang paling tepat.

4. Hapus Cache Whatsapp

Kemudian kalian juga bisa menghapus cache WhatsApp pada ponsel kalian agar aplikasi satu ini bisa digunakan kembali, untuk caranya sendiri kalian hanya perlu masuk ke dalam menu Pengaturan kemudian klik Aplikasi setelah itu pilih aplikasi WhatsApp dan terakhir Hapus Cache.

Untuk menghapus cache yang paling mudah menurut kami adalah hapus saja semua chat yang ada pada akun whatsapp kalian, dengan begitu aplikasi kembali kosong dan siap untuk menampung pesan – pesan yang masuk selanjutnya.

5. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan supaya aplikasi tersebut tidak error dan bisa berfungsi seperti sebelumnya adalah dengan menghapus data dari aplikasi tersebut secara manual dan mendownload kembali datanya.

Apabila kalian melakukan cara yang sudah kami sebutkan diatas maka dapat kami pastikan bahwa aplikasi WhatsApp di dalam ponsel kalian sudah bisa digunakan kembali seperti sedia kala. Jika dengan mengikuti langkah-langkah diatas masih tidak berfungsi maka kami sarankan kalian untuk melakukan update pada perangkat yang kalian gunakan.

Jika melakukan semua cara yang sudah kami sebutkan diatas masih tidak berhasil maka melakukan update pada perangkat OS yang digunakan merupakan cara yang harus kalian lakukan karena ada kemungkinan perangkat OS yang kalian gunakan merupakan versi lama.

Semoga saja dengan cara – cara yang sudah kami berikan di atas bisa di manfaatkan oleh kalian dan nantinya kalian bisa menggunakannya saat memang aplikasi whatsapp kalian error. Bahkan tidak hanya itu saja, kalian juga bisa menggunakannya untuk membantu orang lain seperti teman, keluarga, pasangan atau sahabat yang memang mengalami akun whatsappnya error.

Kalian bisa memilih mana saja cara yang tepat sehingga nantinya bisa memulihkan akun whatsapp yang kalian gunakan yah. Jika kalian memiliki pengalaman yang berbeda dan belum di tulis oleh kami, maka kalian bisa berbagi dengan kami.

Akhir kata

Mungkin ulasan mengenai Penyebab Aplikasi WhatsApp Error atau Down dan Cara Mengatasinya akan kami akhiri sampai disini saja, ikuti terus halaman kami agar kalian bisa mendapatkan banyak informasi menarik lainnya yang akan membantu kalian. Terima kasih dan selamat mencoba!