Home Nagekeo Pemda Nagekeo Bersama Bulog Jual Gula Pasir Murah

Pemda Nagekeo Bersama Bulog Jual Gula Pasir Murah

Penulis: Risa Roga/ Editor: Anton Harus

266
0
SHARE
Pemda Nagekeo Bersama Bulog Jual Gula Pasir Murah

Keterangan Gambar : Stand Pasar Murah Bulog Boawae di Pasar Boawae

Mbay, Flores Pos — Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Bagian Administrasi Perekonomian Setda Nagekeo bersama Bulog Boawae mengadakan Operasi Pasar gula pasir. Operasi pasar tersebut diadakan di Pasar Boawae, Rabu, 17 Juli 2020.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Nagekeo Melkhior Meka menyatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Bulog Boawae untuk mengadakan operasi pasar gula pasir, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas harga gula pasir.

"Kami berkoordinasi dengan Bulog untuk mengadakan pasar murah untuk gula pasir. Sebab, dalam masa sulit akibat pandemi covid, terjadi kenaikan harga gula pasir yang sangat drastis, jauh lebih tinggi dari standar Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Melkhior melanjutkan bahwa pihaknya menemukan kenyataan bahwa harga gula pasir mencapai hingga Rp 21.000 per kilogram.

"Karena itu,  hari ini diadakan operasi pasar gula dengan harga Rp 12.500 per kilogram. Kami harapkan agar operasi pasar yang dilakukan hari ini, dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan gula pasir dengan harga murah dan wajar,"ujarnya.

Melkhior menambahkan bahwa kegiatan operasi pasar gula pasir tersebut rencananya akan diadakan di pasar-pasar lainnya di Kabupaten Nagekeo. "Nanti akan ada di Pasar Raja dan pasar mingguan lainnya di setiap kecamatan," jelasnya.

Kepala Gudang Bulog Kepala Petrus Mudjur membenarkan bahwa pihaknya melakukan kegiatan operasi pasar murah di Pasar Boawae.

"Kegiatan ini kami lakukan atas permintaan dan koordinasi dari Pemda Nagekeo melalui Bagian Perekonomian Setda Nagekeo," jelasnya.

Petrus melanjutkan bahwa selain gula pasir, pihaknya juga menjual minyak goreng, terigu dan beras dengan harga murah.

"Pembeli kami cukup banyak. Hari ini telah lebih dari 300 kg gula pasir yang terjual. Tetapi pembelian kami batasi 2 kilogram per orang untuk mencegah penimbunan serta untuk pemerataan,"jelasnya. Petrus menyatakan bahwa hingga saat ini, Gudang Bulog Boawae memiliki stock gula pasir yang cukup.

"Stock Gula kami per tanggal 17 Juni 2020 sebanyak 3,5 ton. Diperkirakan sekitar tanggal 24 Juni 2020 nanti, akan masuk persediaan gula sebanyak 25 ton," ungkapnya.

Petrus mengharapkan agar kesempatan operasi pasar tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membeli gula pasir, minyak goreng, beras dan terigu dengan harga murah."Kualitas gula pasir yang kami miliki juga cukup baik. Butirannya halus dan berwarna putih bersih," paparnya.

Terkait pengadaan pasar murah di wilayah lainnya, Petrus menyatakan bahwa hal tersebut tergantung pada jadwal yang ditetapkan Pemda Nagekeo.*