Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah Tanpa Aplikasi 2023

Florespos.co.id – Sudah selayaknya kita bisa menikmati berbagai macam pengetahuan dan informasi yang tersedia saat ini secara bebas tanpa adanya batasan, namun sayangnya beberapa waktu belakangan, pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan tentang pemblokiran sejumlah situs tertentu yang dinilai merugikan ataupun ilegal. Nah jika kalian ingin mengakses sejumlah tersebut dan masih kebingungan karena belum mengetahui caranya, berikut ini kami telah memberikan cara membuka situs yang diblokir secara mudah.

Dengan hadirnya kita di zaman dengan kemajuan teknologi yang berkembang amat pesat, tentunya kita bisa dengan mudahnya mendapatkan pengetahuan beserta informasi secara instan dari penjuru dunia. Kini, terdapat begitu banyak perangkat gadget yang bisa digunakan untuk mengakses internet, terutama yang paling banyak digunakan adalah perangkat laptop dan juga gadget.

Kalian mungkin sudah mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan oleh perangkat ini selain bisa memperoleh berbagai macam informasi dengan cepat. Karena memang, setiap tahunnya selalu ada saja inovasi yang diluncurkan oleh brand-brand besar ternama perangkat gadget untuk menarik perhatian dari calon konsumen.

Namun sayangnya, meskipun kalian menggunakan jenis perangkat yang sangat canggih sekalipun, nyatanya kalian masih tetap tidak bisa membuka semua situs yang diblokir. Umumnya, situs-situs yang diblokir tersebut merupakan tindak lanjut pemerintah dari suatu negara karena situs tersebut melanggar kebijakan dan juga berpotensi mengandung unsur negatif seperti judi dan juga mengandung konten vulgar.

Meskipun demikian, memang nyatanya masih ada beberapa situs yang diblokir ini tidak mengandung unsur negatif melainkan tetap diblokir karena tidak terdaftar di badan yang berwenang. Lantas apakah bisa kita membuka situs yang sudah diblokir?.

Cara Membuka Situs yang Sudah Diblokir Pemerintah

Cara Membuka Situs yang Sudah Diblokir

Jawabannya tentu saja bisa, bahkan terdapat lebih dari satu cara yang bisa kalian gunakan untuk bisa membuka suatu situs yang sudah diblokir. Lebih lanjut, kalian juga tidak harus membutuhkan keahlian khusus dalam bidang komputer agar bisa membuka situs yang diblokir, itu artinya hampir semua orang bisa melakukan cara ini.

Jadi dengan demikian untuk bisa membuka situs yang sudah diblokir baik oleh pemerintah maupun pihak lainnya, kalian hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Nah jika rasa penasaran yang kalian miliki saat ini sudah memuncak, silahkan kalian menyimak beberapa caranya berikut ini, seperti:

1. Menggunakan Aplikasi Opera

Cara pertama yang bisa kalian coba untuk membuka situs yang sudah diblokir adalah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi Opera. Bagi kalian yang belum mengetahui aplikasi ini, kalian bisa mendownloadnya secara mudah dan gratis melalui layanan resmi pada semua jenis perangkat gadget, yakni termasuk juga perangkat smartphone Android dan iOS, perangkat PC dan juga laptop.

Aplikasi Opera ini terdapat beberapa varian, namun varian yang paling banyak digunakan adalah versi Opera original dan juga Opera Mini, akan tetapi pada hampir semua varian aplikasi Opera ini sebenarnya memiliki keunggulan yang serupa. Diketahui, aplikasi Opera dari semua varian ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali oleh seluruh pengguna gadget di dunia.

Nah jadi jika kalian belum mengetahui cara membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi Opera ini, maka simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, silahkan download aplikasi Opera pada layanan resmi yang kalian gunakan atau kunjungi situs https://www.opera.com/id/download
  • Selanjutnya pada halaman utama, silahkan klik kolom URL yang terletak pada bagian atas dan isi dengan domain negara google yang diinginkan. Contohnya jika kalian ingin mengakses google singapura, silahkan isi alamat https://www.google.com.sg/
  • Lalu saat kalian sudah masuk kedalam google singapura, kalian hanya tinggal mengisi alamat situs yang sudah diblokir dan ingin kalian tuju sebelumnya.
  • Selesai.
Baca Juga  Cara Masuk ke Google Com SG Singapore Lewat HP dan PC

2. Menggunakan Aplikasi VPN

Selanjutnya selain menggunakan bantuan dari aplikasi Opera, kalian juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi VPN agar bisa membuka berbagai macam situs yang sebelumnya sudah diblokir. Sebenarnya terdapat sangat banyak jenis dan ragam dari aplikasi VPN ini, jumlahnya mungkin bisa mencapai ribuan.

Namun jika kalian menggunakan perangkat smartphone untuk melakukan percobaan membuka situs yang diblokir, maka Turbo VPN merupakan salah satu jenis aplikasi VPN yang paling populer sekaligus yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Dengan menggunakan VPN sendiri, nantinya kalian akan mengakses jaringan secara pribadi dan bisa memilih masuk ke jaringan negara lain. Dan apabila kalian belum mengetahui cara menggunakan aplikasi VPN, kami telah menyiapkan caranya di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan kalian download aplikasi Turbo VPN di Play Store secara gratis atau bisa juga mengunjungi situsnya di https://turbovpn.com/id/
  • Setelah aplikasi Turbo VPN selesai terpasang, silahkan buka dan pilih opsi I Agree atau Saya Setuju.
  • Kemudian terdapat beberapa opsi penggunaan, yakni bisa digunakan secara gratis, Premium atau coba Premium gratis selama 30 hari.
  • Pilih salah satu opsi tersebut, jika kalian belum memiliki biaya untuk berlangganan, sebaiknya pilih opsi penggunaan gratis saja.
  • Selanjutnya, pilih server yang memiliki ikon Globe yang terletak pada bagian kanan atas.
  • Tunggu beberapa saat dan lalu secara otomatis, kalian akan terhubung pada server yang memiliki kualitas internet paling stabil.
  • Selesai.

3. Menggunakan Situs Proxy

Cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk mengunjungi situs yang di blokir adalah dengan cara menggunakan bantuan situs proxy. Nantinya saat kalian menggunakan situsnya maka situs yang kalian akan kunjungi bisa terbuka dengan mudah. Tugas kalian hanya perlu mengunjungi situsnya terlebih dahulu selanjutnya mengikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan kalian kunjungi terlebih dahulu situsnya di CroxyProxy.
  • Jika situsnya sudah kalian buka, maka kalian bisa langsung melakukan scroll ke bawah dan silahkan masukan link dari situs yang akan kalian kunjungi.
  • Untuk mempermudah, maka kalian tinggal memasukan link situs yang akan kalian kunjungi.
  • Berikutnya kalian tinggal mengklik Go.
  • Silahkan kunjungi situsnya hingga kalian benar – benar mengunjungi situsnya.
  • Apabila kalian ingin mengunjungi situs yang lain, maka kalian tinggal  menggunakan address bar yang letaknya di bagian atas.
  • Selamat mencoba.
Baca Juga  Y2mate 2023 Download Video MP4 & Audio MP3 Youtube Dll

4. Menggunakan Wayback Machine

Selanjutnya buat kalian yang memang ingin mengunjungi situs yang sudah lama tidak bisa terbuka, bahkan bisa di katakandi blokir oleh pemerintah, maka kalian bisa menggunakan sebuah situs yang bernama wayback machine. Lewat situs tersebut, maka kalian akan bisa mengunjungi situs denan mudah.

Bahkan menariknya di situs ini kalian akan mendapatkan arsip dari situsnya sehingga kalian akan mendapatkan informasi yang lengkap tentang situsnya. Biasanya situ ini memang di gunakan untuk mengecek riwayat situs apakah melanggar ketentuan google atau tidak.

Bagi kalian yang memang ingin mencoba menggunakannya, maka kalian mengikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  • Pertama silahkan buka situsnya disini : http://archive.org/web/
  • Selanjutnya kalian tinggal memasukan nama situs yang di blokirnya.
  • Sekarang kalian tinggal mencobanya.

Akhir Kata

Sampai disini saja pembahasan kali ini mengenai cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi, menggunakan situs dan masih banyak lagi yang lainnya. Simak juga artikel selanjutnya dari kami dan sampai berjumpa pada kesempatan yang akan datang.