Home Kupang 10 Kabupaten/Kota di NTT Zona Merah Covid-19

10 Kabupaten/Kota di NTT Zona Merah Covid-19

Penulis: Avent Saur / Editor: Anton Harus

468
0
SHARE
10 Kabupaten/Kota di NTT Zona Merah Covid-19

Keterangan Gambar : dr. Dominikus Minggu Mere


Kupang, Flores Pos — Sejumlah 10 kabupaten/kota dari total 22 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah terpapar covid-19. Dengan demikian, 10 kabupaten/kota tersebut masuk dalam zona merah covid-19.

“Ada 10 kabupaten/kota di NTT yang terpapar covid-19. Total kasus positif sebanyak 71.”

Demikian dikatakan Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dokter Dominikus Minggu Mere, dalam konferensi pers di Kupang, Senin (18/5/2020).

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Ende Bertambah 3 Orang

Minggu Mere memerincikan bahwa kasus positif terbanyak ada di Kabupaten Sikka dengan jumlah 26. Urutan kedua adalah Kota Kupang dengan jumlah kasus 15.

Manggarai Barat memiliki 12 kasus, sedangkan pada tempat keempat adalah Sumba Timur ada 7 kasus.

“Hari ini ada tambahan 3 kasus untuk Ende, menjadi 4 kasus. Sedangkan Rote Ndao dan TTS masing-masing ada 2 kasus,” katanya.

Kasus-kasus lainnya terdapat di Kabupaten Nagekeo, Manggarai, dan Flores Timur masing-masing ada 1 kasus.

“Jadi, ada 71 kasus positif covid-19 di wilayah kita. Sembuh 6, meninggal 1, sedang dirawat 61, dan akan segera dirawat 3 pasien baru di Ende,” tuturnya.

Baca juga: Tambah 5 Pasien, Total Kasus Positif Covid-19 Sikka 26 Orang

Menurut Minggu Mere, rumah-rumah sakit di kabupaten-kabupaten zona merah terus melakukan tata laksana penanganan kasus-kasus positif tersebut.

“Kita berharap mereka yang terpapar virus ini segera sembuh. Semoga kasus sembuh bisa meningkat. Kita terus berdoa,” katanya.

Minggu Mere juga mengatakan, pihaknya akan terus melakukan update perkembangan terbaru kasus-kasus covid-10 di NTT.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada tim tenaga medis di Laboratorium Biomolekuler RSUD WZ Johannes Kupang yang terus bekerja semaksimal mungkin melakukan pemeriksaan terhadap sampel-sampel swab dari setiap kabupaten/kota di NTT.

23 Data yang Sama

Pihaknya juga menerima laporan data dari Laboratorium Litbang Kementerian Kesehatan Jakarta, sejumlah 23 kasus positif. Setelah dicek, data tersebut sudah tercakup dalam total kasus positif di NTT, 71 kasus.

“Kita periksa data-data itu. Ternyata nama 23 orang itu juga sudah ada dalam data kasus positif kita. Jadi kasus positif di NTT 71 kasus,” katanya.

Baca juga: Helikopter BPBD Mabar Angkut 18 Spesimen Swab 18 Santri asal Sikka

Dalam beberapa hari terakhir, lanjut Minggu Mere, pengangkutan sampel swab di wilayah Flores menggunakan helikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat.

“Sampel swab yang diangkut pakai helikopter, antara lain dari Manggarai Barat, Manggarai, dan Lembata,” katanya.

Pihaknya juga berencana akan menggunakan transportasi cepat untuk mengangkut sampel swab di Pulau Sumba.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Gubernur NTT, kita akan ambil 50-an sampel swab di daratan Sumba,” katanya.*