Home Lembata Buaya Pantai Natu di Lembata Terkam Odel hingga Tewas

Buaya Pantai Natu di Lembata Terkam Odel hingga Tewas

85
0
SHARE
Buaya Pantai Natu di Lembata Terkam Odel hingga Tewas

Keterangan Gambar : Buaya muara.

Lewoleba, Flores Pos — Buaya di Pantai Natu, Desa Mahal I, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, menerkam Yohanes Suku Odel (38), aparat Desa Mahal I, hingga tewas. Peristiwa nahas itu terjadi pada Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 19.00 Wita.

Paur Humas Polres Lembata, Aipda Semuel CH Kubela, mengatakan bahwa sekitar pukul 15.00 Wita, korban bersama teman-temannya ke Pantai Natu untuk memancing.

Baca juga: DPRD Kecewa, Pihak Eksekutif Tidak Ikuti Kunker

Menurutnya, korban dan temannya mulai memancing sekitar pukul 18.00 Wita di pinggir pantai tersebut. Saat itu, lokasi tersebut sudah gelap. Korban sempat mendapatkan ikan dan menggulung tali pancingnya. Setelah itu korban kembali membuang umpan dan menunggu sambil memegang tali pancing di pinggir pantai.

Sekitar pukul 19.00 Wita, kira-kira 10 menit setelah melempar pancingnya, kawan korban tiba-tiba mendengar teriakan minta tolong. Seketika itu, saksi Kornelis kaget dan langsung menyalakan senter di kepalanya ke arah korban. Saksi melihat korban sedang digigit buaya, kemudian dibawa ke dalam laut.

Saksi Kornelis memanggil saudaranya, Yohanes Laba dan Darius, dengan meneriakkan minta tolong. Kemudian saksi berlari ke arah sepeda motornya, lalu menuju rumah Mama Areq Tuaq di Desa Wowon, Kecamatan Omesuri, yang dekat dengan TKP untuk meminta perahu agar segera membantu korban.

Namun menurut Mama Areq Tuaq, hal itu tidak bisa dilakukan karena seturut kepercayaan nenek moyang, orang yang digigit buaya tidak bisa ditolong pakai perahu.

Hubungi Orang Pintar

Saksi Kornelis dan Mama Areq Tuaq besama-sama ke rumah Bilhaludin M. Said yang adalah orang pintar (pawang) yang dipercayai bisa menolong korban. Saksi menghubungi keluarga di Desa Mahal I untuk melakukan upaya pencarian korban, dibantu oleh warga Desa Wowon dan Desa Nilanapo.

Sekitar pukul 22.00 Wita, buaya sempat terlihat di permukaan air laut dengan korban masih berada dalam gigitan buaya tersebut, yang diduga akan membawa korban ke sarangnya di Laran Pao, Desa Nilanapo, Kecamatan Omesuri.

Baca juga: Suami dan Istri Aniaya Anak di Bawah Umur

Yohanes Suku Odel yang sering disapa Yono ditemukan Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 03.00 Wita dalam keadaan tak bernyawa.

Flores Pos berusaha menghubungi Simon Odel, kakak almarhum, melalui sambungan telepon, namun telepon selulernya tidak aktif. Informasi yang diterima Flores Pos, almarhum dimakamkan, Kamis (30/1/2020) sore.

Penulis: Maxi Gantung
Editor: Avent Saur