Home Lembata PDAM Salurkan Bantuan Air Bersih di 24 Desa

PDAM Salurkan Bantuan Air Bersih di 24 Desa

Penulis: Maxi Gantung / Editor: Anton Harus

153
0
SHARE
PDAM Salurkan Bantuan Air Bersih di 24 Desa

Keterangan Gambar : PDAM berikan bantuan air bersih di 24 desa dan Puskesmas Meru. Mobil tangki milik PDAM sedang mengisi air dibak penampung Puskesmas Meru sebagai tempat karantina pelaku perjalanan.  (PDAM).


Lewoleba, Flores Pos— Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Lembata, PDAM Kabupaten Lembata membagikan bantuan air bersih di 24 desa yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Lembata.

Direktur PDAM Kabupaten Lembata, Simon Tery, kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Selasa (19/5/2020), menjelaskan, sesuai dengan kebijakan bupati, untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi virus corona, pemerintah membagi air secara gratis kepada desa-desa yang mengalami krisis air bersih.

Simon Tery mengatakan, PDAM sebagai perusahaan milik pemerintah membagikan air secara gratis di 24 desa yang tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Ile Ape, Ile Ape Timur, Buyasuri dan Kecamatan Omesuri.

Untuk Kecamatan Omesuri, ada 8 desa yang dibantu oleh PDAM, yakni Desa Mahal I, Mahal 2, Meluwiting I, Meluwiting II, Peusawah, Aramengi, Holea I dan Desa Holea 2.

Selain itu, PDAM juga membantu Puskesmas Meru yang digunakan sebagai tempat karantina bagi para pelaku perjalanan. Simon mengatakan, sudah 30 tangki air yang didrop di 8 desa tersebut.

Sementara di Kecamatan Buyasuri ada 8 desa, yakni Desa Benihading I ,Roho, Kahua, Buriwutung, Kalikur, Tobotani, Kelikur WL dan Desa Mampir. Untuk kecamatan Buyasuri PDAM sudah drop 23 tangki air bersih. Sementara dua desa belum dilayani yakni Desa Kelikur WL dan Desa Mampir.

Sementara untuk Kecamatan Ile Ape, targetnya enam desa, yakni Desa Kolipadan, Dulitukan, Palilolon, Tagawiti, Beutaran dan desa Kolontobo.

Dari 6 enam desa tersebut, baru dua desa yang sudah dilayani yakni desa Kolipadan dan Palilolon. Untuk dua desa ini sudah 8 mobil tangki yang sudah di drop.

Untuk Kecamatan Ile Ape Timur ada dua desa, yakni Desa Lemau dan Jontona. Untuk dua desa ini PDAM sudah drop 5 mobil tangki.

Simon Teru juga mengatakan, sejumlah desa dan kecamatan tidak dibantu oleh PDAM, karena ada bantuan air secara gratis dari Plan dan dinas PU dan BPBD Kabupaten Lembata. Menurut Simon,  bantuan air dari PDAM untuk 24 desa tersebut dimulai awal Mei 2020. *