Home Sikka Penumpang KM Lambelu yang Turun di Maumere Berasal dari 4 Kabupaten

Penumpang KM Lambelu yang Turun di Maumere Berasal dari 4 Kabupaten

Penulis: Wall Abulat / Editor: Arsen Jemarut

5,163
0
SHARE
Penumpang KM Lambelu yang Turun di Maumere Berasal dari 4 Kabupaten

Keterangan Gambar : Ketua Tim Satuan Gugus (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka Wilhelmus Sirilus (kanan) menyampaikan protokoler kesehatan yang diberlakukan bagi penumpang KM Lambelu yang menjalani karantina terpusat, Selasa (7/4/2020).


Maumere, Flores Pos — Ketua Tim Satuan Gugus (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka Wilhelmus Sirilus mengemukakan bahwa 233 penumpang KM Lambelu yang turun di Maumere, Selasa (7/4/2020) berasal dari empat kabupaten di Flores yakni Kabupaten Sikka, Kabupaten Ende, Kabupaten Flotim, dan Kabupaten Nagekeo.

Baca juga: BPBD Sikka Mengedrop Ratusan Spons dan Bantal untuk Penumpang KM Lambelu di Sikka Convention Centre

“Penumpang KM Lambelu yang turun di Maumere berasal dari 4 Kabupaten,” kata Wihelmus Sirilus di sela-sela persiapan kedatangan KM Lambelu di Pelabuhan L. Say Maumere, Selasa (7/4/2020).

Sirilus mengakui tiga kabupaten yakni Ende, Flotim dan Nagekeo sudah mengerahkan mobil untuk menjemput warganya yang turun di Pelabuhan L. Say. “Jadi saya perlu tegaskan bahwa penumpang yang dalam manifest sebanyak 233 orang itu bukan saja berasal dari Kabupaten Sikka, tetapi ada juga yang berasal dari Kabupaten Ende, Flotim, dan Nagekeo,” kata Sirilus.

Ditanya berapa persisnya penumpang yang berasal dari Kabupaten Sikka, Sirilus yang juga Penjabat Sekda Kabupaten Sikka ini menjelaskan pihaknya belum memastika hal itu karena kapal belum bersandar di Pelabuhan L. Say hingga Selasa (7/4/2020) pukul 09.00 Wita.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sikka Siapkan Protokoler Kesehatan bagi 233 Penumpang yang Jalani Karantina Terpusat

“Kita belum mengetahui jumlah penumpang yan berasal dari Sikka. Dalam manifest kapal hanya ditulis yang turun di Pelabuhan L. Say ada 233 orang,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka Petrus Herlemus yang juga Kadis Kesehatan Kabupaten Sikka mengemukakan bahwa Satgas Covid-19 Sikka sudah menyiapkan protokoler kesehatan bagi 233 penumpang KM Lambelu yang diagendakan menjalani karantina terpusat di Sikka Convention Centre (SCC) pada Selasa (7/4/2020) pagi.

“Protokoler kesehatann sudah disiapkan bagi 233 penumpang yang menjalani karantina terpusat,” kata Petrus Herlemus yang dihubung media ini, Senin (6/4/2020) malam.

Petrus menjelaskan bahwa sesuai protokoler kesehatan maka pada saat kapal tiba hingga besok pagi dilakukan pemeriksaan kesehatan penumpang di atas kapal. “Pemeriksaan akan di dilakukan atas kapal, dan besok pagi penumpang baru ke tempat karantina,” kata  Petrus Herlemus.*