Home Ende TNI Akan Buka Jalan di Pantai Selatan Ende

TNI Akan Buka Jalan di Pantai Selatan Ende

Jalur Reka dan Wolokota

182
0
SHARE
TNI Akan Buka Jalan di Pantai Selatan Ende

Keterangan Gambar : Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ende, Fransiskus Lewang

Ende, Flores Pos Kodim 1602 Ende bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ende akan melanjutkan pembukaan jalan di pantai selatan Ende. Rencananya akan dibuka pada tahun 2020 mendatang untuk membuka isolasi ke wilayah selatan yang selama ini tidak bisa diakses melalui jalan darat. Pembukaan jalan baru ini dikemas melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparlin mengatakan hal ini saat panen perdana jagung di kebun demplot TNI di Nanganesa, Senin (18/12).

Terkait dengan rencana tersebut, Dandim Ende mengatakan bahwa saat ini sedang berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Ende. Rencana tersebut juga sedang dibahas di DPRD Ende terkait dengan anggarannya.

Dandim Ende mengatakan, jalan Pantai Selatan perlu dibangun untuk membuka isolasi sejumlah desa di pantai Selatab Kabupaten Ende. Telah puluhan tahun masyarakat hanya mengandalkan transportasi laut.

"Kita akan kerjakan pertengahan 2020 dalam program TMMD. Kini Pemerintah daerah bersama DPRD tengah membahas anggarannya. Soal luas dan panjang jalan  kita menunggu hasil keputusan dari pembahasan antara pemeritah dan DPRD Ende," katanya.

Dandim Suparlin  mengatakan, selama ini masyarakat di wilayah selatan masih menggunakan jalur laut sebagai transportasi. Beberapa waktu lalu pemerintah sudah membuka jalan selatan, namun belum selesai dan TNI akan melanjutkan ditahun 2020 melalui program TMMD.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ende, Fransiskus Lewang membenarkan adanya rencana dan program membuka jalan di Pantai Selatan.

Pemerintah bekerja sama dengan TNI akan melakukan program TMMD melanjutkan pengerjaan jalan di pantai selatan. Menurut Frans Lewang,  panjang jalan dan anggaran yang akan digunakan sekarang masih dalam pembahasan di Badan Anggaran DPRD Ende.

"Soal pengerjaan jalan sepanjang berapa kilometer oleh TNI serta estimasi anggaran masih dibahas di Badan Anggaran. Kemarin yang diajukan sekitar Rp1,5 miliar namun kita lihat pembahasan di Banggar," kata Frans Lewang.

Kadis PUPR Ende mengatakan, ruas jalan yang dikerjakan adalah ruas jalan Wolokota, Reka dan Ngaluroga. Meskipun sudah dilanjutkan, namun belum bisa menembus jalur selatan seluruhnya karena masih beberapa puluh kilometer lagi untuk bisa tembus ke Ngaluroga.

"Untuk tembus belum bisa, masih puluhan kilometer lagi. Kini sudah mau masuk Desa Wolokota," katanya.

Penulis: Willy Aran
Editor: Anton Harus