Home Ngada Kepada 13 Penjabat Kades, Bupati Soliwoa Berpesan Awasi Pendatang Baru di Wilayah Desa

Kepada 13 Penjabat Kades, Bupati Soliwoa Berpesan Awasi Pendatang Baru di Wilayah Desa

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Avent Saur

637
0
SHARE
Kepada 13 Penjabat Kades, Bupati Soliwoa Berpesan Awasi Pendatang Baru di Wilayah Desa

Keterangan Gambar : Sebanyak 13 penjabat kepala desa dilantik Bupati Ngada Paulus Soliwoa, di Aula Setda Ngada, Rabu (1/7/2020).


Bajawa, Flores Pos — Bupati Ngada Paulus Soliwoa melantik 13 penjabat kepala desa di Kabupaten Ngada, berlangsung di Aula Setda Ngada pada Rabu (2/7/2020).

Bupati Soliwoa pada kesempatan itu meminta agar para penjabat kepala desa memantau para pendatang baru yang masuk ke desanya baik yang tinggal sementara maupun yang menetap.

Menurut Soliwoa, saat ini pandemi covid-19 masih menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Meskipun Ngada masih zona hijau, lanjutnya, upaya-upaya pencegahan penyebaran virus ini harus terus-menerus dilakukan dengan melibatkan semua komponen.

Yang Reaktif Harus Dikarantina

Bupati Soliwoa menegaskan, setiap pendatang baru harus mengikuti screening atau pemeriksaan pada fasilitas kesehatan Puskesmas untuk memastikan kondisi kesehatannya.

“Apabila hasil pemeriksaannya reaktif, maka tidak ada pilihan lain selain karantina terpusat di lokasi Karantina Terpusat Turekisa," katanya.

Di karantina terpusat, jelas Soliwoa, akan dilakukan pemantauan klinis. Apabila kondisinya tidak menunjukkan perubahan ke arah yang baik, maka akan ikuti rapid test.

Pada kondisi tertentu petugas akan ambil swab untuk memastikan apakah terpapar covid atau tidak,” tuturnya.

Di hadapan para penjabat kades, Soliwoa juga mengatakan, saat ini pemerintah telah memberlakukan new normal. Penerapannya sederhana yaitu pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

“Kalau selama ini kita tidak sering cuci tangan dan pakai masker, kini hal-hal itu harus dilakukan. Kalau sebelum new normal, kita dilarang berkumpul, sekarang boleh tetapi harus jaga jarak,” tegasnya.

13 Penjabat Kades

Tiga belas penjabat kepala desa yang dilantik Bupati Soliwoa di Aula Setda Ngada pada Rabu (2/7/2020) tersebut, antara lain Nae Damianus sebagai Penjabat Kepala Desa Bela dan Hanselmus A. Gae sebagai Penjabat Kepala Desa Ubedolumolo I wilayah Kecamatan Bajawa.

Vladimir Gorgon Ndiwal sebagai Penjabat Kepala Desa Wolomeze II dan Darius Wedo Wea sebagai Penjabat Kepala Desa Lanamai wilayah Kecamatan Riung Barat.

Florianus Rae sebagai Penjabat Kepala Desa Lengkosambi Utara, Longginus Nadeng sebagai Penjabat Kepala Desa Taen Terong II, dan Ahmad Yani Anang sebagai Penjabat Kepala Desa Taen Terong I wilayah Kecamatan Riung.

Felix Pea sebagai Penjabat Kepala Desa Dizi Gedha dan Melianus Snae sebagai Penjabat Kepala Desa Bea Pawe wilayah Kecamatan Golewa Barat.

Yohanes Sawu Bhaya sebagai Penjabat Kepala Desa Watusipi dan Antonius Dua sebagai Penjabat Kepala Desa Bawarani wilayah Kecamatan Golewa Selatan.

Lainnya, Petrus Ago sebagai Penjabat Kepala Desa Tiwurana wilayah Kecamatan Inerie dan Philipus Keno sebagai Penjabat Kepala Desa Tarawali wilayah Kecamatan Soa.*